Erawati, Eny (2012) Perancangan buku pengayaan pencahayaan fotografi / Eny Erawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci perancangan pembelajaran buku pengayaan fotografi lighting Beragamnya penyelenggara pembelajaran fotografi baik formal maupun informal menstimulasi maraknya kebutuhan akan buku sebagai materi belajar. Akan tetapi buku-buku yang memberi informasi tentang pembelajaran fotografi masih sangat terbatas. Tujuan perancangan ini ialah menghasilkan buku pembelajaran fotografi. Obyek perancangan ialah buku berjenis pengayaan tentang pencahayaan fotografi dengan target audiens para pebelajar fotografi yang telah menguasai tatacara dasar fotografi terutama exposure. Model perancangan yang digunakan ialah model 3D. Prosedur perancangan dimulai dengan mendefinisikan masalah yaitu kebutuhan di lapangan menetapkan solusi merumuskan masalah perancangan dan menetapkan ruang lingkup perancangan. Selanjutnya dilakukan kajian data lapangan dan data pustaka. Berdasarkan konsep perancangan dilakukan perancangan visual berdasarkan naskah yang telah ditetapkan. Perancangan ini menggunakan pendekatan yang berorientasi pada proses dan produk. Teknik perancangan berbasiskan fotografi dan komputer baik pada tahap sketching image processing lay out maupun finishing. Software yang digunakan ialah Adobe Indesign Adobe Fireworks Nik Capture NX dan Adobe Acrobat. Perancangan ini telah menghasilkan sebuah buku berjenis buku pengayaan di bidang fotografi berjudul Self Learning Photography Lighting . Menggunakan dua bahasa yaitu Inggris dan Indonesia demi menghindarkan kerancuan pada pengetahuan pebelajar sebelumnya (prior knowledge). Buku dicetak di kertas 190gr berjumlah 76 halaman diketik dengan tipe huruf Miso berukuran 12 point setiap halaman memuat ilustrasi grafis dan/atau fotografis full colour. Buku ini terdiri dari 4 bab berturut-turut (1) Photography (2) Tentang Cahaya (3) Bahasa Cahaya (4) Menata Cahaya. Ilustrasi dalam buku ini dilakukan dengan teknik fotografi. Dibandingkan dengan buku sejenis buku hasil perancangan ini lebih deskriptif secara visual terstruktur menimbulkan keingintahuan untuk menggali lebih dalam dan memberi keleluasaan batasan bahasan bagi pengguna buku yang akan memakainya sebagai materi ajar. Diharapkan obyek perancangan beserta seluruh catatan prosesnya bisa dikembangkan menjadi obyek perancangan lanjutan yang lebih baik lagi di masa mendatang demi pembelajaran fotografi di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14118 |
Actions (login required)
View Item |