Perancangan buku cerita bergambar yang dilengkapi dengan permainan Puzzle berjudul mimmy & kelinci ajaib / Joni Agung Sudarmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita bergambar yang dilengkapi dengan permainan Puzzle berjudul mimmy & kelinci ajaib / Joni Agung Sudarmanto

Sudarmanto, Joni Agung (2012) Perancangan buku cerita bergambar yang dilengkapi dengan permainan Puzzle berjudul mimmy & kelinci ajaib / Joni Agung Sudarmanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Buku Cerita Bergambar Puzzle Mimmy Masa anak-anak merupakan masa yang sangat berperan bagi perkembangan jiwa anak. Pada masa ini perlu ditanamkan kebiasaan-kebiasaan baik salahsatunya membiasakan gemar membaca. Namun tidak semua anak suka membaca buku. Hal ini dikarenakan buku-buku yang beredar memiliki tampilan dan format biasa sehingga membosankandan kurang menarik perhatian anak-anak. Hal ini membuat anak-anak lebih suka bermaindaripada membaca.Selain menanamkan gemar membaca penanaman moral yang baik juga sangat penting bagi anak-anak. Perancangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merancang buku cerita bergambar yang dilengkapi dengan permainan puzzle yang dapat mendorong anak untuk gemar membaca dan dapat meningkatkan kreativitas serta menanamkan pesan-pesan moral yang terkandung dalam cerita. Perancangan ini menggunakan model perancangan M. Yoshioka karenamemilikilangkahkerja yang lebihdekatdengan proses perancanganbukuceritabergambar.Proses ini diawali dengan perumusanlatarbelakangmasalah penetapan tujuan pengidentifikasian danpenganalisisan data sintesis sehinggahasilnyaakandijadikankonsepperancanganbukuceritabergambarini. Produk yang dihasilkan berupa buku cerita bergambar yang dilengkapi dengan permainan puzzle berjudul Mimmy Kelinci Ajaib. Produk berupa buku dengan format full colour berukuran B5 yang memiliki64 halaman yang dicetak di atas kertas art paper 210 gramuntuk halaman biasa dan kertas karton dengan tebal 0 5 cm untuk halaman puzzle. Penempatan puzzle memungkinkan anak untuk bermain di sela-sela kegiatan membaca. Buku cerita bergambar ini didesain dengan ilustrasi bergaya kartunal. Buku cerita ini menghadirkan alur cerita yang memunculkan sifat kebaikan persahabatan saling memaafkan dan pesan-pesan moral lain di dalam cerita. Untuk mendukung buku cerita bergambar ini dibuat media promosi berupa poster x-banner boneka dan juga puzzle multisisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item