Pemanfaatan laboratorium bahasa sebagai penunjang pembelajaran bahasa inggris di SMUN 5 Malang oleh Rony Yusman Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan laboratorium bahasa sebagai penunjang pembelajaran bahasa inggris di SMUN 5 Malang oleh Rony Yusman Wahyudi

Wahyudi, Rony Yusman (2010) Pemanfaatan laboratorium bahasa sebagai penunjang pembelajaran bahasa inggris di SMUN 5 Malang oleh Rony Yusman Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK WahyudiR ony Yusman 2003.p emanfaatanL aboraloriumB ahasas ebagat Penunjang Perybelgaryl Bahasa Inggris (li SMUN J Motang. SLipsi JurusanT eknologiP endidikanF akultasIl mu PendidikanU niversitasN egeri Malang.P embimbing (l) Dr. H. Sulton M .pd (2) Drs. Sulthoni M .pd Kata Kunci PemanfaatanL a boratoriumB ahasap embelajaranBahaIsnag gris. . Perkembangainlm u pengetahuadna nt eknorogi( IprEK) berpengaruthe rhadap kualitasp endidikand i Indonesia d .imanap emanfaa6nnyutu nyur. i oi tu berlangsungayparo sesb elajar-mengaa j dulzmupuyup encapaiatnu juan pembelajaraSn.a lahs atuw ujud pemanfaatatne knoiogia oatatpr r-autun pmllaaebbemoomrbraaaethtoloaarrijmuiaummrim abbas naa ete hhsraauips saeaajdiu lL.eag anjaabg rdoaaarnnakpm eta ometmr niauie nmmmgbp kbauaahatnaknstsaui agidn wm a rauop ytamiva td aneismgmib biuneedfrl abaaheajakdtrakab an p_en oebr lrleaaedtkhhias s ba.isenwarkaaod npma ruor ansime ksasi. ma.k aMp eernluym adeamrpai epralurknaypnale amboarnafatoartiaulnmab b aohraatsoadr iaurmabm ap ireamsabr eUlaujgauraip bn an hrnaisoalnn gggris pembelajarabna hasarn qs nfd i SMUN 5 Marangp. eneririainn i-t mendeskripsikkaonn disil aboratoriumba hasasv uN 5 Malang1 2iu)ij crursnila tp ra I ng uru sebelumm emanfaatkaranb oratoriurbna hasa( 3 ) rlcntukp nliia iaranb ahasatn ggris pdeemngaanmnfa eamtalaannb olaraattkoarlianub mbo arahraosraidu anbnra ( h5a) hsaa(m 4 )b pactrarnytl aanpgagd tui arruad maiig suirsuwd aatc nns irsawnag dalamm emanfaatkalna boratoriumb ahasa. Jenisp enelitianin i adalahp enelitiand eskriptifyangd imaksudkanu ntuk omreanngggg uarmud baanrk3 a2kne9 as idsawaanyy aanngg sm eebnegngaurnnyaakp.a olnpa ubioarsai dtoartaiummbp aehnaeslitaiaS .n e idnai nagdkaalanh3 Psilsnwenabl uearj1us mamlaph6e 6ld oigruannagk.Ka ens saenlupreul htoatansla umnptuekbr g -uerruju dmanra roahen dooramns ga.tm nipi l.in ngu ntyuukng dipergunakadna larnp engumpuradna taa datahp aniuand okumentisip anduan observasdi a na ngket. Hasilp enelitiant entangp emanraatalna boratoriumb ahasas ebagapi enunjang pembelajaran_baIhnagsgar isd i SMUN 5 Malangm enunjukkabna hwa(l r) Kondisi Iaboratoriubma hasam endukunugn tukm enunjaigk egiatanp embelajarapne. raratan laboratoriubma hasyaa itujenisp erangkakte rasy angt erscdiad and imanf aatkan 399h gth masteru nit extrar ecorderr adiod anr aper ecordert e revisiv rdeo mddppYiaeeCmenrrrDsepa uine nam- cnOfpaaueaHansgrnatkPaudk naapr taauagnunenns da j mdu l eanoiabb l ulanaeedph bllbsuae oupmjmarkemar buaateeo tyknemlarea kinSruajs.agmn.ed rbd fdaa aaianlngaahnl uatka kgrussaukekalmnam aat pi nbaenee gost n ruriaeaharrbnn utnoatga uarikdkiknuaa dKa.lrtru aann beannl aahosai hdd kekaaeayb saasaaanilm.nguw L ganeantu itetkg ueirptuirsu uipnet liua e id tv1tm i iaeha d b na)a etnuniiyr auaaj asngurrg audnria2u.r )a ditekankaand alahla tihanm enyimakd anm ediap embelajarayna ngd ipergunakadni laboratoriumba hasaa dalahg ambarf otografi V ideod anV CD. (b) persiapan peralatans ebelumd igunakany aitu guru memeriksap eralatans ebelumd igunakan.3 ) bentukp embelajarabna hasaIn ggrisd enganm emanfaatkalna boratoriumb ahasao leh gurum eliputi beberapata hap y aitu tahapp embukaanp elaksanaand an penutup.( a) padata happ embukaana dalahm emberikanm otivasib elajar m enginformasikan tujuanp embelajaranm enjelaskatno pik pembelajaran(b. ) padat ahapp elaksanaan kegiatany ang banyakd ilaksanakano leh guru adalahm emberikanm odel ucapany ang benar m emberikank eterangany ang singkatt entangm ateri yang diajarkans erla memberikanp ertanyaank epadas iswa.( c) kegiatanp adap enutupa dalahm emberikan umpanb alik sebelumm engakhirpi elajaran(.4 ) pemanfaatalna boratoriumb ahasa menurugt urua dalahs angamt enyenangkanka renam embuapt elajaranb ahasa Inggrisle bihm enarik m emudahkapne nyampaiamn ateri s ertam emanfaatkan fasilitass ekolahS. edangkapne manfaatalna boratoriumm enuruts iswaa dalahd apat menumbuhkamni nat m emperkuamt otivasid an ingatanm emudahkapne nguasaan materi m empercepapt emahamanb ahasaI nggris dan alokasiw aklu yangd iberikan kurangm encukupi(.5 ) hambatany angd ialamig urum eliputib eberapah ambatan yaitu( a) hambatand alamp erencanaapne ngajarana dalahh ambatand alam menentukamn aterid an m rancangb ahan(. b) hambatand alamp elaksanaan pengajaraand alahh ambatand alarnm engoperasikapne ralatanla boratoriumb ahasa. Hambatayna ngd ialamis iswaa dalahh ambatalnin gkungasne kitary angk urang mendukung Berdasarkahna silp enelitiante rsebudt isarankank epada(l ) sekolaha gar mengadakakne asamad enganle mbagala in untukm engembangkalanb oratorium bahasal(2g)u rua garl ebihm eningkatkanu payam endayagunakalanb oratorium bahassae carale bih optimalb agi kepentinganb elajars iswa ( 3) siswaa garl ebih seringm enggunakalna boratoriumb ahasau ntuk memudahkamn enguasapi elajaran bahasIan ggris. u.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item