Rahmadianto, Sultan Arif (2011) Perancangan multimedia interaktif pengenalan budaya daerah Indonesia untuk memupuk rasa cinta tanah air pada anak / Sultan Arif Rahmadianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci multimedia interaktif budaya daerah Indonesia cinta tanah air. Indonesia memiliki keanekaragaman budaya lokal yang dapat dijadikan sebagai aset yang sangat berharga. Aset yang dimiliki Indonesia tidak dapat disamakan dengan budaya lokal negara lain. Setiap daerah memiliki ciri khas budaya yang dapat dilihat melalui bentuk senjata tradisional rumah pakaian dan tarian adat. Ciri khas budaya tersebut dapat dijadikan kekuatan untuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional. Mengenalkan budaya daerah sejak dini kepada anak bisa menjadi hal penting karena saat ini banyak generasi muda yang kurang begitu mengenal dan mencintai kebudayaan daerah Indonesia. Di dalam kegiatan belajar mengajar terutama yang berhubungan dengan pengenalan budaya daerah Indonesia kebanyakan anak masih sulit dalam mengenal menghafal dan memahami sehingga rasa cinta tanah air pada anak belum terbentuk dengan baik. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang efektif menarik dan komunikatif agar anak tidak bosan dalam mengenal menghafal dan memahami budaya daerah Indonesia sehingga dapat memupuk rasa cinta tanah air sejak dini. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan ini adalah model perancangan procedural. Model perancangan procedural adalah model yang bersifat deskriptif menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Perancangan ini menggunakan pendekatan penalaran atau ilmiah yaitu perancangan produk yang bertorientasi terhadap proses dan produk. Hasil perancangan ini adalah sebuah media penunjang pembelajaran berbasis multimedia interaktif pengenalan budaya Indonesia yang dikhususkan untuk anak usia 6-11 tahun (usia sekolah dasar). Multimedia interaktif ini memerlukan media komunikasi visual untuk menunjang publikasi dan pemasarannya. Media komunikasi visual ini adalah media promosi untuk memperkenalkan produk kepada audiens pada saat launching produk agar tertanam image yang baik terhadap produk multimedia ini. Media komunikasi visual yang telah direncanakan dalam proses launching produk ini antara lain yaitu poster banner stiker cover CD dan buku panduan. Multimedia interaktif dipilih karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan media lain yaitu dapat menggabungkan maupun mengombinasikan elemen grafis audio video dan terjadinya interaksi antara pengguna dengan media sehingga lebih komunikatif. Namun dari kelebihan tersebut media ini juga mempunyai keterbatasan yaitu hanya bisa digunakan dengan bantuan piranti komputer. Berdasarkan hasil perancangan ini dapat disarankan agar media pengenalan budaya daerah Indonesia untuk memupuk rasa cinta tanah air pada anak ini diharapkan mampu dimaksimalkan sebagai media penunjang pembelajaran yang efektif menarik serta memahami budaya Indonesia yang beraneka ragam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |