Desain kemasan produk makanan antioksidan emping menlinjo berkahjaya / Arif Bachrun Naja - Repositori Universitas Negeri Malang

Desain kemasan produk makanan antioksidan emping menlinjo berkahjaya / Arif Bachrun Naja

Naja, Afif Bachrun (2011) Desain kemasan produk makanan antioksidan emping menlinjo berkahjaya / Arif Bachrun Naja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Desain Kemasan Emping Melinjo Berkahjaya Produk emping melinjo Berkahjaya merupakan potensi makanan lokal yang dapat menjadi produk khas berasal dari Blitar. Produk yang terbuat dari biji melinjo dengan teknik pengolahan tradisional ini memiliki nilai tambah produk yang cukup tinggi. Sayangnya kemasan yang ada saat ini masih kurang memadai yakni dengan pengemasan yang sederhana berupa plastik tipis dengan label kertas seadanya. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan desain kemasan yang dapat mengenalkan produk emping melinjo Berkahjaya kepada masyarakat khususnya masyarakat sasaran. Selain sebagai media promosi kemasan nantinya dapat menjadi wadah pelindung yang fungsional dan dapat mengkomunikasikan pesan secara efektif dan efisien sehingga dapat membangun citra positif terhadap produk makanan lokal terutama produk emping melinjo Berkahjaya . Perancangan kemasan ini bertujuan untuk menghasilkan konsep identitas produk dan bentuk visualisasi kemasan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan produk emping melinjo Berkahjaya. Perancangan yang terbentuk nantinya berupa media-media promosi berupa desain kemasan produk emping melinjo Berkahjaya. Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural atau model perancangan yang bersifat deskriptif. Dimana perancang melakukan langkahlangkah yang ditempuh melalui riset pasar dan perancangan program. Hal tersebut meliputi kegiatan identifikasi masalah analisa dan sintesa serta pengumpulan data gagasan desain keputusan desain prototype tes pengujian produksi dan promosi. Berdasarkan data yang terkumpul baik melalui observasi wawancara dan dokumentasi diketahui bahwa produk emping melinjo Berkahjaya memerlukan media promosi melalui desain kemasan antara lain kemasan kecil kemasan paket besar kemasan paket kirim rak pajang dan tas belanja. Untuk mendukung perancangan desain kemasan ini strategi yang digunakan adalah dengan menginformasikan keunggulan produk yang mengandung antioksidan didukung dengan warna dan ilustrasi untuk menarik perhatian masyarakat sasaran. Berdasarkan hasil desain ini saran penulis adalah perlunya pengembangan desain kemasan labih lanjut dan varian produk sehingga memberikan kepuasan atas permintaan pasar. Produsen telah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Blitar dan akan lebih bagus dengan menjalin kerjasama dengan penggiat pariwisata sehingga produk mudah dikenal dan citra produk akan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14093

Actions (login required)

View Item View Item