pengembangan media video animasi pembelajaran materi zat tunggal dan zat campuran untuk menumbuhkan karakter mandiri kelas v sd negeri pesantren 2 kota kediri / bunga ayu dibtasari - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media video animasi pembelajaran materi zat tunggal dan zat campuran untuk menumbuhkan karakter mandiri kelas v sd negeri pesantren 2 kota kediri / bunga ayu dibtasari

Dibtasari, Bunga Ayu Dibtasari (2021) pengembangan media video animasi pembelajaran materi zat tunggal dan zat campuran untuk menumbuhkan karakter mandiri kelas v sd negeri pesantren 2 kota kediri / bunga ayu dibtasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pendidikan pada masa pandemi COVID-19 siswa melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang bentuk pembelajaran dilakukan dari rumah. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh tentu diperlukan media untuk menunjang proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi pembelajaran materi zat tunggal dan zat campuran yang valid dan menarik. Kevalidan produk ditinjau dari validasi materi dan validasi media. Kemenarikan produk ditinjau dari angket respon peserta didik. Video animasi pembelajaran memuat materi zat tunggal dan zat campuran yang terintegrasi pendidikan kecakapan hidup tentang pandemi COVID-19 serta terdapat tokoh animasi Caca dan Jatu. Penggunaan video animasi pembelajaran dapat membuat siswa lebih memahami materi karena adanya keterkaitan dalam kehidupan sehari-hari dan menemukan konsep dalam memecahkan masalah secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D Thiagarajan (1974) yang terdiri dari tahapan penelitian pendefinisian perancangan pengembangan dan diseminasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen untuk ahli materi instrumen untuk ahli media serta instrumen untuk pengguna. Data yang dilakukan pada pengembangan media video animasi berupa data kualitatif dan kuantitatif. Saran dan masukan dari ahli materi ahli media dan pengguna (guru) dianalisis menggunakan teknik kualitatif. Sedangkan hasil pengisian instrumen kevalidan dan angket respon siswa dianalisis menggunakan teknik kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi materi hasil persentase sebesar 100% yang masuk kategori sangat valid. Berdasarkan validasi media hasil persentase sebesar 95 83% yang masuk kategori sangat valid. Sedangkan validasi pengguna (guru) hasil persentase sebesar 93 75% yang masuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba kemenarikan produk yang telah dikembangakan sudah menarik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pengembangan video animasi pembelajaran diharapkan dapat digunakan dalam pembuatan video-video yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140840

Actions (login required)

View Item View Item