pengembangan ensiklopedi tari tradisional khas malang dalam pembelajaran seni tari siswa kelas v di sekolah dasar / istiqomah dwiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan ensiklopedi tari tradisional khas malang dalam pembelajaran seni tari siswa kelas v di sekolah dasar / istiqomah dwiyanti

Dwiyanti, Istiqomah Dwiyanti (2021) pengembangan ensiklopedi tari tradisional khas malang dalam pembelajaran seni tari siswa kelas v di sekolah dasar / istiqomah dwiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan buku ensiklopedi tari tradisional khas Malang ini berawal dari identifikasi potensi dan masalah. Peneliti melihat adanya potensi pengenalan dan melestarikan salah satu aset budaya yaitu mengenalkan tari tradisional kepada siswa SD melalui buku ensiklopedi. Peneliti menemukan masalah bahwa masih kurang optimalnya kualitas pembelajaran seni tari sekolah dasar pada kelas V yang disebabkan beberapa faktor yang kurang mendukung antara lain (1) sarana yang tersedia masih terbatas (2) minimnya media pembelajaran seni tari (3) belum tersedianya bahan referensi di perpustakaan (4) kurang adanya perhatian lebih dari pihak sekolah untuk memfasilitasi media yang digunakan untuk guru dan siswa. Alasan peneliti menggunakan buku ensiklopedi karena peneliti mengidentifikasi masalah yang ada dalam sekolah dasar dimana sekolah belum menyediakan media yang memadai untuk proses pembelajaran seni tari yang ada dalam kompetensi dasar yang digunakan. Peneiti menggunakan model ADDIE dalam tahap pengembangan yang dilaksanakan. Peneliti melakukan 5 serangkaian tahapan ADDIE yakni 1) tahap analisis 2) tahap perancangan 3) tahap pengembangan 4) tahap implementasi dan 5) tahap evaluasi. Pada tahap yang telah dilaksanakan memperoleh hasil yang valid berdasarkan hasil validasi para ahli dan serangkaian uji coba yang dilaksanakan (perorangan kelompok kecil dan lapangan) dimana produk media yang dikembangkan dikatakan layak efektif dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran seni tari melalui serangkaian validasi dan uji coba yang dilakukan. Hasil produk yang dikembangkan melalui serangkaian validasi oleh para ahli untuk mengukur tingkat kualitas media ditinjau dari segi kevalidannya kemudian validasi oleh pengguna untuk mengukur tingkat kepraktisannya dan dilakukan serangkaian uji coba produk kepada siswa untu mengukur tingkat kemenarikkanya dan memiliki hasil yang sangat valid sangat praktis dan sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran seni tari sehingga produk yang dikembangkan dapat diimplementasikan di dalam pembelajaran yang minim atas sarana pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140837

Actions (login required)

View Item View Item