pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada sub tema lingkungan tempat tinggalku kelas iv sd negeri sananwetan 2 kota blitar / nurul firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada sub tema lingkungan tempat tinggalku kelas iv sd negeri sananwetan 2 kota blitar / nurul firdausi

Firdausi, Nurul Firdausi (2021) pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada sub tema lingkungan tempat tinggalku kelas iv sd negeri sananwetan 2 kota blitar / nurul firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran secara daring adalah pembelajaran yang dilakukan di SD Negeri Sananwetan 2 Kota Blitar di masa pandemi ini. Guru memanfaatkan buku guru dan buku tema yang digunakan sebagai bahan ajar sekaligus media pembelajaran. Selain itu guru juga mengembangkan materi dalam bentuk word pdf maupun power point. Namun kurangnya ketertarikan peserta didik terhadap materi dikarenakan full text dan sedikit gambar sehingga diperlukan media yang dapat menarik minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada sub tema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SD Negeri Sananwetan 2 Blitar yang valid menurut ahli materi dan ahli media praktis menurut pengguna dan menarik menurut peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan meliputi (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan angket. Analisis data menggunakan persentase kemudian hasilnya dikategorisasikan. Skala likert digunakan untuk menganalisis angket dari ahli materi dan ahli media sedangkan angket respon pengguna (guru) dan peserta didik dianalisis menggunakan skala Guttman. Validitas produk dinilai oleh ahli materi dan ahli media sedangkan kepraktisan dinilai oleh pengguna (guru) dan kemenarikan produk dinilai oleh peserta didik. Validitas produk dinilai oleh ahli materi dan ahli media memperoleh nilai 95 83% dan 96 88% dengan kategori sangat valid. Sedangkan kepraktisan memperoleh nilai 87 91% dengan kategori sangat praktis yang diperoleh dari angket pengguna (guru) dan kemenarikan diperoleh dari angket yang dinilai peserta didik dengan nilai 95 88% termasuk kategori sangat menarik. Berdasarkan penilaian dari kedua ahli dan angket respon diperoleh bahwa media pembelajaran berbasis android valid praktis dan menarik sehingga produk dapat digunakan tanpa melakukan revisi. Kelebihan media pembelajaran berbasis android ini adalah mudah di download tanpa menggunakan jaringan internet dapat di share pada android lain tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan dan media ini berisi perpaduan antara audio video tulisan dan gambar yang dimodifikasi sehingga menarik dan dapat digunakan peserta didik untuk memahami materi. Namun media ini hanya dapat digunakan dan install pada android saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140834

Actions (login required)

View Item View Item