pengembangan media game edukasi berbasis android untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas iv pada muatan ipa tema 6 subtema 1 di sdn nglinggis kabupaten trenggalek / arini citra dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media game edukasi berbasis android untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas iv pada muatan ipa tema 6 subtema 1 di sdn nglinggis kabupaten trenggalek / arini citra dewi

Dewi, Arini Citra Dewi (2021) pengembangan media game edukasi berbasis android untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas iv pada muatan ipa tema 6 subtema 1 di sdn nglinggis kabupaten trenggalek / arini citra dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini sedang terdampak penyebaran virus COVID-19 sehingga sesuai surat edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 dilaksanakan kebijakan pendidikan masa darurat penyebaran COVID-19 yaitu kegiatan belajar mengajar secara daring. Supaya pembelajaran berjalan efektif guru dituntut berinovasi dalam kegiatan pembelajaran dengan mengembangkan media interaktif. Adanya media pembelajaran yang inovatif dan interaktif terutama dalam kegiatan belajar mengajar secara daring yang memanfaatkan media berbasis digital akan membantu siswa memahami materi IPA yang sulit dijelaskan hanya dengan buku tematik saja. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan media game edukasi berbasis android untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas IV pada muatan IPA tema 6 subtema 1 yang valid menurut ahli materi ahli media guru serta praktis dan menarik bagi siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Data kuantitatif diperoleh dari skor validasi ahli materi ahli media guru serta angket respon siswa. Data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan dari ahli materi ahli media guru dan siswa. Validasi ahli materi memperoleh nilai 96% ahli media memperoleh nilai 93 33% guru memperoleh nilai 90% semua dalam kategori sangat valid. Nilai kepraktisan dan kemenarikan game edukasi diperoleh dari respon siswa pada hasil uji coba terbatas sebesar 95 23% serta hasil uji coba lapangan sebesar 96 42% semua dalam kategori sangat praktis dan sangat menarik. Berdasarkan persentase yang diperoleh dapat diinterpretasikan bahwa mediagameedukasi sangat valid sangat praktis dan sangat menarik sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran. Sebaiknya materi dan subjek penelitiangameedukasi diperluas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140830

Actions (login required)

View Item View Item