Puspitasari, Tri Yuanna (2011) Perancangan iklan untuk majalah New Indonesia melalui media cetak untuk meningkatkan brand awareness / Tri Yuanna Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Perancangan Iklan media cetak Peningkatan Brand Awaranes Media merupakan unsur penting dalam pergaulan sosial masa kini. Kebudayaan masyarakat tidak terlepas dari media karena masyarakat membutuhkan informasi dan dari media massa lah masyarakat mendapatkan informasi dari beberapa bidang. Ada beberapa jenis dari media massa yang dikenal masyarakat yaitu media elektronik dan media cetak. Media elektronik terbagi menjadi beberapa contoh seperti televisi radio dan internet. sedangkan media cetak dibagi menjadi beberapa seperti koran tabloid dan majalah. Bukan sesuatu yang baru bagi masyarakat Indonesia tentang majalah yang bertemakan kebudayaan. Salah satunya adalah majalah budaya yang bernama New Indonesia. Majalah budaya ini mempunyai cita rasa tersendiri dalam mengolah informasi tentang budaya. Selain itu majalah New Indonesia juga menggunakan 2 bahasa dalam rubrik-rubriknya yaitu bahasa Indonesia dan Inggris karena majalah New Indonesia tidak hanya untuk masyarakat Indonesia tapi juga untuk mancanegara. Hal ini merupakan suatu trobosan menarik agar kebudayaan Indonesia tetap lestari baik dalam negeri maupun di dunia internasional. Majalah ini juga bisa menumbuhkan minat kalangan muda akan budaya Indonesia serta dapat menjadi suatu ajang promosi Indonesia agar dikenal di luar negeri. New Indonesia bukan hanya sekedar majalah budaya yang mengulas tentang keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia baik dari segi hiburan makanan sampai permainan tradisional tapi juga sebagai wadah apresiasi dan kreasi dalam memajukan dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Menurut analisa di atas majalah New Indonesia masih bisa bersaing dengan majalah-majalah kebudayaan yang lain meskipun majalah tersebut tergolong baru. Hal ini didukung oleh adanya dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu majalah isi tiap rubrik dari majalah pun menarik berbobot namun dapat dikemas dengan menggunakan bahasa dan gambar yang sederhana dan mudah dimengerti oleh semua kalangan masyarakat kelebihan yang lain dari majalah New Indonesia menggunakan full color disetiap halamannya sehingga pembaca merasa tidak bosan untuk membaca majalah tersebut. Perancangan media promosi untuk majalah New Indonesia menggunakan model perancangan prosedural. Model prosedural merupakan model yang bersifat deskriptif. Perancangan ini bertujuan untuk pemecahan masalah secara sistematis dan faktual mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi. Perancangan media promosi ini dibuat dengan mengikuti langkah-langkah yang struktur dengan menggunakan data-data yang diolah sehingga dapat menghasilkan produk desain komunikasi visual untuk mempromosikan majalah New Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar promosi yang dilakukan dan seberapa tau masyarakat tentang majalah New Indonesia. Data diambil dari wawancara dengan pimpinan utama dan staff observasi arsip dokumentasi majalah New Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat banyak yang belum mengetahui adanya majalah tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya majalah yang tidak terjual pada edisi pertama sampai sekarang. Menurut paparan di atas majalah New Indonesia masih bisa bersaing dengan majalah-majalah kebudayaan yang lain meskipun majalah tersebut tergolong baru akan tetapi hal ini tidak didukung dengan adanya kegiatan promosi kurang efektif yang dilakukan oleh pihak New Indonesia. Pihak New Indonesia hanya melakukan promosi dengan menggunakan poster kartu nama dan media on line. Sehingga New Indonesia mempunyai ancaman yaitu kalah bersaing dibidang promosi dengan majalah-majalah sejenis nya. Karakter media cetak yang seringkali dipakai sebagai media pendukung dalam kampanye periklanan menjadikannya iklan media massa cetak harus mempunyai konsistensi konsep pendekatan kreatif yang konsisten dengan media utamanya agar tujuan pencapaian brand awareness senantiasa terjaga.Oleh karena itu dibuatlah perancangan promosi majalah New Indonesia melalui media cetak. Media cetak dipilih sebagai media promosi karena media cetak merupakan yang efektif karena media cetak tidak terlalu membutuhkan biaya yang banyak namun tetap bisa dipublikasikan kepada masyarakat . Media cetak yang digunakan adalah X Banner Mini X Banner poster baliho dan brosur. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor-faktor penting yang memengaruhi brand awareness adalah adanya media promosi yang tepat sasaran dan efektif unik dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |