pengembangan e-modul berbasis mind map dengan penguatan karakter kemandirian belajar pada muatan ipa tema 7 subtema 1 kelas v sdn tambakan 1 kabupaten blitar / dwi dian oktavia - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan e-modul berbasis mind map dengan penguatan karakter kemandirian belajar pada muatan ipa tema 7 subtema 1 kelas v sdn tambakan 1 kabupaten blitar / dwi dian oktavia

Dwi Dian Oktavia (2021) pengembangan e-modul berbasis mind map dengan penguatan karakter kemandirian belajar pada muatan ipa tema 7 subtema 1 kelas v sdn tambakan 1 kabupaten blitar / dwi dian oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muatan IPA memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk mengembangkan kompetensi dalam dirinya. Di masa pandemi Covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan media digital. Pembelajaran IPA di kelas V SDN Tambakan 1 masih ditemukan permasalahan. Bahan ajar yang digunakan yaitu buku tematik dimana pembahasan materi masih kurang mendalam. Guru belum pernah mengembangkan modul pembelajaran sendiri. Siswa hanya diberikan tugas untuk membaca dan mengerjakan soal pada buku tematik. Masih ada siswa yang belum menguasai materi pengaruh kalor terhadap benda dengan baik. Sehingga penelitian pengembangan ini memiliki tujuan mengembangkan e-modul berbasis mind map dengan penguatan karakter kemandirian belajar pada muatan IPA tema 7 subtema 1 yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan guru serta praktis dan menarik menurut siswa sehingga dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE yang terdiri dari analysis design development implementation dan evaluation. Data yang dianalisis berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil pengisian angket validasi ahli materi ahli bahan ajar guru serta angket respon siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran ahli materi ahli bahan ajar guru dan siswa. Nilai kevalidan produk e-modul berbasis mind map dengan penguatan karakter kemandirian belajar diperoleh sebesar 95 84% oleh ahli materi 86 11% oleh ahli bahan ajar dan 93 33% oleh guru dengan semua masuk kategori sangat valid. Nilai kepraktisan dan kemenarikan diperoleh rata-rata sebesar 94 75% dengan rincian uji coba terbatas sebesar 94 44% dan dari uji coba lapangan sebesar 95 07% dengan semua masuk kategori sangat praktis dan menarik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis mind map dengan penguatan karakter kemandirian belajar pada muatan IPA tema 7 subtema 1 sangat valid serta sangat praktis dan menarik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Sebaiknya materi dalam e-modul dikaitkan dengan muatan lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140827

Actions (login required)

View Item View Item