pengembangan media game edukasi simba pada materi alat gerak hewan dan manusia untuk membentuk karakter mandiri siswa kelas v sdn bendogerit 01 kota blitar / didik hendroko - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media game edukasi simba pada materi alat gerak hewan dan manusia untuk membentuk karakter mandiri siswa kelas v sdn bendogerit 01 kota blitar / didik hendroko

Hendroko, Didik Hendroko (2021) pengembangan media game edukasi simba pada materi alat gerak hewan dan manusia untuk membentuk karakter mandiri siswa kelas v sdn bendogerit 01 kota blitar / didik hendroko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan adanya pandemi COVID-19 kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) sehingga diperlukan media pembelajaran yang interaktif dan berbasis IT. Pembelajaran daring juga dilakukan di kelas Vd SDN Bendogerit 01. Masalah yang ditemukan di SD tersebut ketika pembelajaran daring adalah guru kelas hanya menggunakan media pembelajaran berupa video dari youtube. Menurut beliau siswa cepat merasa bosan ketika dalam media pembelajaran hanya berupa video dari youtube. Hal tersebutlah yang mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan didalam pembelajaran daring dan menarik menurut siswa. Sehingga dikembangkanlah media game edukasi ldquo SIMBA rdquo pada materi alat gerak hewan dan manusia untuk membentuk karakter mandiri siswa kelas V SDN Bendogerit 01 yang valid menurut ahli materi ahli media dan guru serta menarik menurut siswa. Penelitian dan pengembangan game ini dilaksanakan dengan tahapan penelitian dan pengembangan dari model Borg dan Gall. Model penelitian dan pengembangan terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Validator produk dilakukan oleh tiga validator yaitu ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna. Instrumen penelitian meliputi angket wawancara dan observasi. Untuk validasi menggunakan skala likert dan untuk siswa menggunakan skala guttman. Hasil validasi produk game edukasi SIMBA yaitu menurut ahli materi sebesar 95% (sangat valid) menurut ahli media sebesar 91 7% (sangat valid) dan menurut guru sebesar 84 4% (valid) serta melalui uji kemenarikan dari siswa didapatkan hasil 100% (sangat menarik). Sehingga dapat disimpulkan penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk game edukasi ldquo SIMBA rdquo pada materi alat gerak hewan dan manusia untuk membentuk karakter mandiri siswa kelas V SDN Bendogerit 01 yang sangat valid menurut ahli materi dan media valid menurut guru serta sangat menarik bagi siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Saran dari peneliti untuk membuka aplikasi melalui link yang telah disebarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140826

Actions (login required)

View Item View Item