Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas iv sd negeri sentul ii purwodadi pasuruan / Dyah Wahyuning Astrini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas iv sd negeri sentul ii purwodadi pasuruan / Dyah Wahyuning Astrini

Astrini, Dyah Wahyuning Astrini (2021) Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas iv sd negeri sentul ii purwodadi pasuruan / Dyah Wahyuning Astrini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran di SD perlu menciptakan interaksi komponen pembelajaran agar bisa mengembangkan segala potensi dan kecakapan yang ada pada siswa. Berdasarkan studi pendahuluan kegiatan belajar mengajar di kelas IV SDN Sentul II masih menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sentul II Purwodadi Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif interaktif. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus meliputi 4 langkah diantaranya perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas IV guru kelas IV dan dokumentasi perangkat pembelajaran yang relevan. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Sentul II Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV setelah penerapan tindakan model pembelajaran Quantum Teaching. Langkah TANDUR yang terdiri dari Tumbuhkan Alami Namai Demonstrasikan Ulangi dan Rayakan dilaksanakan sesuai dengan prosedur. Pada siklus I keterlaksanaan model Quantum Teaching masih belum optimal. Pada siklus II keterlaksanaan model Quantum Teaching lebih optimal. Melalui penerapan model Quantum Teaching dengan langkah-langkah TANDUR juga memberikan dampak adanya peningkatan dari segi keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas IV. Keaktifan siswa seperti visual activities oral activities writing activities emotional activities motor activities dan mental activities muncul dalam setiap tahapan TANDUR. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 40% pada pra tindakan menjadi 55% pada siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa kelas IV dari 56 menjadi 61 pada siklus I dan menjadi 73 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sentul II Purwodadi Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140824

Actions (login required)

View Item View Item