Pengembangan media busy book untuk kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Malang / Shafira As'adillah Nurleksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media busy book untuk kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Malang / Shafira As'adillah Nurleksono

Nurleksono, Shafira As'adillah (2020) Pengembangan media busy book untuk kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Malang / Shafira As'adillah Nurleksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurleksono Shafira As rsquo adillah. 2020. Pengembangan Media Busy Book untuk Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Malang di Malang Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolan dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Syaiful Imam S.Pd M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd. Kata kunci busy book kemampuan membaca permulaan tunagrahita Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan diadaptasi dari model Dick and Carey. Terdapat sepuluh langkah dalam pengembangan media pembelajaran ini. Pengembangan media berupa media busy book yang ditujukan untuk siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kemenarikan dari media busy book menurut beberapa ahli. Media busy book dikembangkan berdasarkan aspek bahasa isi dan ilustrasi. Uji coba produk dilakukan melalui 2 tahapan yaitu uji ahli dan uji coba terbatas kelompok kecil. Pengembangan ini melibatkan 4 siswa tunagrahita di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Malang yang dijadikan sebagai subyek dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media busy book termasuk dalam kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi dengan perolehan skor validasi ahli media sebesar 95 5% ahli materi memperoleh skor 100% dan ahli pembelajaran ABK memperoleh skor 96 3%. Kemenarikan media ini diujicobakan dan memperoleh skor sebesar 100% dan termasuk dalam kategori sangat menarik. Saran dari penelitian ini yaitu peneliti lain hendaknya menggunakan metode membaca yang berbeda dan pemilihan bahan dapat disesuaikan dengan ketersediaan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140803

Actions (login required)

View Item View Item