Andary, Astry Retno (2020) Pengembangan media uno spin mata pelajaran matematika materi penghitungan lama waktu kelas II di sekolah dasar / Astry Retno Andary. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran memiliki manfaat dan fungsi sebagai sarana penyajian pesan dan informasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kehadiran media dapat membatasi keterbatasan indera ruang dan waktu. Dalam menghitung lama waktu diperlukan adanya pengertian mengenai satuan waktu sehingga proses dalam penghitungan lama waktu lebih mudah dipahami dalam satuan tertentu. Oleh karena itu diperlukan media untuk mempermudah penghitungan lama waktu berdasarkan satuan yang ditentukan. Dari hal tersebut peneliti mengembangkan media yang bernama uno spin. Peneliti mengembangkan media tersebut dengan tujuan mendeskripsikan hasil media uno spin yang valid dan layak menurut ahli media ahli materi dan pengguna yakni guru dan siswa. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut maka peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Addie. Pengembangan ini menggunakan 5 tahap yaitu (1) Analisis (2) Perancangan atau desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media uno spin yang dilakukan oleh ahli materi mendapat skor sebesar 0 97 dari hasil tersebut dinyatakan bahwa media uno spin dikategorikan Sangat Valid tingkat kevalidan media uno spin yang dilakukan oleh ahli media mendapat skor sebesar 0 94 dari hasil tersebut dinyatakan bahwa media uno spin dikategorikan Sangat Valid tingkat kevalidan media uno spin yang dilakukan pengguna guru mendapat persentase 100% sedangkan siswa 96% sehingga dikategorikan sangat menarik. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh validator media yang dikembangkan sudah mendapat penilaian yang valid berdasarkan kriteria tingkat kevalidan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media uno spin materi waktu untuk kelas rendah dapat digunakan dengan atau tanpa revisi. Dengan begitu produk yang dikembangkan diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan cara membaca buku petunjuk terlebih dahulu sebelum mengoperasikan media mengkombinasikan penggunaan media dengan model pembelajaran untuk pihak yang ingin mengembangkan produk bisa menambahkan muatan materi agar lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140800 |
Actions (login required)
View Item |