Analisis keterampilan menuliskan kembali cerita fabel pada siswa kelas IV SDN 49 Kota Bima / Ririn Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan menuliskan kembali cerita fabel pada siswa kelas IV SDN 49 Kota Bima / Ririn Safitri

Safitri, Ririn (2020) Analisis keterampilan menuliskan kembali cerita fabel pada siswa kelas IV SDN 49 Kota Bima / Ririn Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar diarahkan pada empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak membaca menulis dan berbicara. Salah satu keterampilan yang dirasa cukup penting yaitu keterampilan menulis. Hal ini dikarenakan melalui kegiatan menulis merupakan kegiatan yang menulis dapat mendukung dan menambah wawasan anak guna memperkaya kosa kata dan meningkatkan kemampuan anak menangkap pembelajaran. Salah satu keterampilan menulis yang ada di IV Sekolah Dasar yaitu kegiatan menuliskan kembali cerita fabel. Cerita fabel dianggap sebagai salah satu cerita yang dapat menarik perhatian hal ini dikarenakan adanya kritik yang secara tidak langsung ditujukan kepada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menuliskan kembali cerita fabel. Penelitian ini guna mengukur keterampilan siswa dilihat dari aspek (1) keterampilan menuliskan kembali judul cerita fabel (2) keterampilan menuliskan kembali tokoh-tokoh cerita fabel (3) keterampilan menuliskan kembali latar/setting cerita fabel (4) keterampilan menuliskan kembali alur cerita fabel (5) keterampilan menuliskan kembali pesan moral/amanat cerita fabel dan (6) keterampilan mengembangkan tema baru cerita fabel. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas IV A SDN 49 Kota Bima yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dokumentasi dan tes tulis. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa menghitung nilai rata-rata (mean) dan menghitung presentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keterampilan siswa dalam menuliskan kembali yaitu sebanyak 4 siswa termasuk dalam kategori sangat baik (81-100) 16 siswa termasuk kategori baik (61-80) 10 siswa termasuk kategori cukup (41-60). Aspek menuliskan kembali judul cerita dengan nilai rata-rata 91 6%. Aspek menuliskan kembali tokoh cerita fabel dengan nilai rata-rata 100%. Aspek menuliskan kembali latar/setting cerita fabel dengan nilai rata-rata 71 6%. Aspek menuliskan kembali alur cerita fabel dengan nilai rata-rata 81 5%. Aspek menuliskan kembali pesan moral cerita fabel dengan nilai rata-rata 10%. Serta aspek mengembangkan tema cerita baru dengan nilai rata-rata 50%. Keterampilan siswa kelas IV A di SDN 49 Kota Bima dalam menceritakan kembali cerita fabel termasuk dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 67 9% dan termasuk dalam kategori nilai (61-80). Adapun kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada kategori kurang yaitu keterampilan menuliskan kembali amanat cerita fabel dengan nilai rata-rata 10%. Pada aspek dengan kategori cukup yaitu aspek mengembangkan tema baru dengan nilai rata-rata 50%. Sedangkan aspek dengan kategori baik yaitu (1) menuliskan kembali latar/setting cerita fabel dengan nilai rata-rata 71 6 (2) menuliskan kembali alur cerita fabel dengan nilai 81 6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140799

Actions (login required)

View Item View Item