Penguatan pendidikan karakter religius melalui program pembelajaran agama Islam terpadu di SDIT Yabunayya Kecamatan Pujon Kabupaten Malang / Arum Lismawati Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguatan pendidikan karakter religius melalui program pembelajaran agama Islam terpadu di SDIT Yabunayya Kecamatan Pujon Kabupaten Malang / Arum Lismawati Putri

Putri, Arum Lismawati (2020) Penguatan pendidikan karakter religius melalui program pembelajaran agama Islam terpadu di SDIT Yabunayya Kecamatan Pujon Kabupaten Malang / Arum Lismawati Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Religius adalah nilai karakter yang erat hubungannya dengan Tuhan yang menunjukkan bahwa pikiran perkataan dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan atau ajaran agamanya. Untuk itu pendidikan karakter religius ini perlu diperhatikan dengan baik bagi setiap satuan pendidikan sebagai lembaga atau tempat pendidikan itu berlangsung. Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka diperlukan upaya-upaya atau program yang menunjang keberhasilan terlaksanakannya karakter religius ini. Salah satu sekolah yang menerapkan program pembelajaran agama terpadu yaitu SDIT Yabunayya yang berada di Pujon kabupaten Malang. Sekolah ini memiliki program pembelajaran agama yang cukup kompleks antara lain mengaji sholat berjamaah dan dzikir jama rsquo i. Program pembelajaran agama islam terpadu ini bertujuan agar karakter religius dapat dimiliki oleh semua siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan oleh pemerintah. Berdasarkan fakta diatas maka peneliti akan melakukan penelitian tentang karakter religius melalui program pembelajaran islam terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak program terhadap karakter religius yang dimiliki oleh siswa. Atas dasar pandangan tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian dengan judul ldquo Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Pembelajaran Agama Islam Terpadu di SDIT Yabunayya Pujon Kabupaten Malang rdquo Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini digunakan untuk mempelajari secara dalam tentang keadaan yang berhubungan dengan penguatan pendidikan karakter religius melalui program pembelajaran agama islam terpadu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa (1) Program pembelajaran agama islam di SDIT Yabunayya memiliki 4 kegiatan yaitu mengaji iftitaf dirosh shalat berjama rsquo ah dan juga dzikir jama rsquo i. (2) Semua kegiatan yang dilakukan di SDIT Yabunayya berada dibawah tanggung jawab kepala sekolah. Namun untuk kegiatan mengaji terdapat tim tersendiri untuk penyusunan programnya. (3) Program kegiatan yang dilaksanakan berdampak bagi karakter religius siswa. Sub karakter religius yang muncul antara lain nilai ketaatan dan ketaqwaan nilai kedisiplinan nilai tanggung jawab nilai toleransi dan juga nilai patuh dan hormat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140797

Actions (login required)

View Item View Item