Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing dengan penguatan karakter mandiri pada materi kalor dan perpindahannya di kelas V SDN Jabung Kabupaten Blitar / Ahmad Ryan Ansori - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing dengan penguatan karakter mandiri pada materi kalor dan perpindahannya di kelas V SDN Jabung Kabupaten Blitar / Ahmad Ryan Ansori

Ansori, Ahmad Ryan (2020) Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing dengan penguatan karakter mandiri pada materi kalor dan perpindahannya di kelas V SDN Jabung Kabupaten Blitar / Ahmad Ryan Ansori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis hasil wawancara dengan guru kelas menginformasikan bahwa kurangnya minat dan antusias siswa saat proses pembelajaran IPA secara umum pembelajaran IPA yang dilakukan masih berpusat pada buku ajar saja. Dengan demikian pada mata pelajaran ini perlu dibuat bahan ajar modul berbasis inkuiri terbimbing. Pemilihan bahan ajar ini dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. Modul dipilih sebagai bahan ajar pembelajaran berdasarkan masalah di lapangan yaitu kurangnya minat dan antusias siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDN Jabung Kabupaten Blitar dan sulitnya guru dalam mencari media atau bahan ajar yang dapat menjelaskan perpindahan kalor yang praktis dan efisien. Pengembangan produk ini menggunakan model penelitian Borg and Gall. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpul data berupa pedoman wawancara dengan guru dan dua macam angket yaitu angket validasi dan angket respons siswa. Angket validasi diberikan kepada ahli materi ahli bahan ajar dan pengguna dengan tujuan untuk mengukur tingkat validitas produk. Sedangkan angket respon siswa digunakan untuk mengukur tingkat kepraktisan dan karakter mandiri. Hasil validasi produk oleh ahli materi 93% ahli bahan ajar 94% pengguna 95% semua dalam kategori sangat valid. Kepraktisan produk menurut siswa mencapai 96% dan teman sejawat 98% dengan kategori sangat praktis. Karakter mandiri menurut siswa mencapai 94% daan teman sejawat 94% dengan kategori sangat mandiri. Dapat disimpulkan bahan ajar modul berbasis inkuiri terbimbing dengan penguatan karakter mandiri pada materi kalor dan perpindahannya di kelas V sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi angket siswa dan angket mahasiswa dapat disimpulkan bahwa Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Penguatan Karakter Mandiri Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di Kelas V SDN Jabung Kabupaten Blitar sangat valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140795

Actions (login required)

View Item View Item