pengembangan pocket book berbasis qr code pada materi bangun datar kelas iv sekolah dasar / emil cahayaning pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan pocket book berbasis qr code pada materi bangun datar kelas iv sekolah dasar / emil cahayaning pratiwi

Pratiwi, Emil Cahayaning Pratiwi (2021) pengembangan pocket book berbasis qr code pada materi bangun datar kelas iv sekolah dasar / emil cahayaning pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian dari pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SDN 1 Genengan Kabupaten Malang ditemukan bahwa kekurangan bahan ajar dan variasi pembelajaran materi bangun datar. Bahan ajar yang digunakan yaitu lembar kegiatan siswa yang masih berwarna hitam putih sehingga pembelajaran terasa monoton dan membuat siswa merasa bosan dan jenuh. Perlunya dilakukan penelitian dan pengembangan pocket book berbasis QR Code pada materi bangun datar kelas IV sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan pocket book berbasis QR Code pada materi bangun datar kelas IV sekolah dasar yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar guru serta praktis bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) sedangkan model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu model penelitian dan pengembangan ADDIE. Hasil pengembangan berupa produk pocket book berbasis QR Code yang digunakan pada muatan matematika materi bangun datar kelas IV sekolah dasar. Produk pocket book berbasis QR Code mendapatkan kriteria sangat valid dan layak digunakan berdasarkan rata-rata nilai 2 ahli materi sebesar 88% rata-rata nilai 2 ahli bahan ajar sebesar 97 91% dan nilai praktisi (guru) sebesar 100%. Uji coba skala kecil kepada 6 siswa diperoleh persentase 100% sedangkan uji coba skala besar kepada 26 siswa diperoleh persentase 95 29%. Berdasarkan persentase penilaian evaluasi formatif dari para ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa produk pocket book berbasis QR Code dikategorikan sebagai bahan ajar yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Produk pocket book berbasis QR Code dapat dijadikan sebagai penunjangdalam pembelajaran matematika materi bangun datar untuk kelas IV sekolah dasar. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan bahan ajar dengan cakupan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140791

Actions (login required)

View Item View Item