hubungan positive reinforcement dan feedback hasil belajar siswa terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas v sekolah dasar di desa bolorejo kabupaten tulungagung / rohmah faristin - Repositori Universitas Negeri Malang

hubungan positive reinforcement dan feedback hasil belajar siswa terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas v sekolah dasar di desa bolorejo kabupaten tulungagung / rohmah faristin

Faristin, Rohmah Faristin (2021) hubungan positive reinforcement dan feedback hasil belajar siswa terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas v sekolah dasar di desa bolorejo kabupaten tulungagung / rohmah faristin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran siswa membutuhkan motivasi untuk membangun semangat dalam belajar dikarenakan faktor yang dialami sekarang bahwa pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah. Untuk siswa yang bermotivasi tingi mungkin kecil masalah saat belajar sedangkan siswa yang kurang memiliki motivasi perlu adanya dorongan serta motivasi yang diberikan dari guru supaya siswa tetap termotivasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil wawancara yang sudah dilakukan dengan siswa bahwa siswa lebih senang mendapatkan pujian atau penguatan yang positif dari guru daripada penguatan yang negatif. Karena dengan penguatan yang positif siswa lebih merasa dirinya dapat mampu dalam mengerjakan tugas atau soal dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positive reinforcement dengan motivasi belajar hubungan feedback hasil belajar terhadap motivasi belajar serta hubungan positive reinforcement dan feedback hasil belajar bersama-sama terhadap motivasi belajar. Dengan menggunakan metode kuantitatif penelitian ini mengambil sampel dari siswa Sekolah Dasar Negeri di Desa Bolorejo yaitu 38 siswa dari SDN 1 Bolorejo 23 siswa dari SDN 2 Bolorejo dan 11 siswa dari SDN 3 Bolorejo sehingga total populasi 72 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi wawancara angket dan dokumentasi. Dalam uji coba instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Untuk membuktikan hipotesis yang sudah diasumsikan menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa terdapat hubungan antara variabel positive reinforcement terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 247 dengan nilai signifikansi 0 037 lt 0 05. Sementara variabel feedback hasil belajar terhadap motivasi belajar 0 928 dengan nilai signifikansi 0 000 lt 0 05.Pada hubungan simultan yaitu dari variabel positive reinforcement dan feedback hasil belajar bersama sama terhadap motivasi belajar mempunyai nilai koefisien korelasi 0 932 dengan nilai signifikansi 0 000 lt 0 05. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan parsial antara positive reinforcement dan feedback hasil belajar terhadap motivasi belajar kelas V SDN di Desa Bolorejo Tulungagung dan terdapat hubungan secara simultan antara variabel positive reinforcement dan feedback hasil belajar terhadap motivasi belajar kelas V SDN di Desa Bolorejo Tulungagung. Dengan hasil penelitian ini hendaknya guru siswa dan instansi dapat menerapkan pemberian positive reinforcement dan feedback secara efisien merata dan setepat mungkin maka siswa semangat serta termotivasi dalam pembelajaran. Bagi kepala sekolah diharapkan sebagai kepala pendidikan harus memperhatikan tingkat kompetensi guru supaya kegiatan belajar mengajar lebih efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140785

Actions (login required)

View Item View Item