hubungan kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar siswa kelas ii di sd negeri gugus 4 kecamatan klojen pembelajaran daring / yasinta putri jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

hubungan kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar siswa kelas ii di sd negeri gugus 4 kecamatan klojen pembelajaran daring / yasinta putri jayanti

Jayanti, Yasinta Putri Jayanti (2021) hubungan kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar siswa kelas ii di sd negeri gugus 4 kecamatan klojen pembelajaran daring / yasinta putri jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan sekolah adalah menciptakan situasi dimana peserta didik dapat menyerap ilmu dan keterampilan dengan optimal. Pemberlakuan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID 19 dianggap efektif digunakan dan menjadi salah satu pilihan dari ragam pembelajaran yang seharusnya diterapkan seorang guru untuk mengoptimalkan tujuan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berkomunikasi yang dilakukan guru dan prestasi belajar siswa kelas II di SD Negeri Gugus 4 Kecamatan Klojen dalam pembelajaran daring dan mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas II di SD Negeri Gugus 4 Kecamatan Klojen dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian korelasional kuantitatif untuk mengetahui hubungan kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar siswa. Sumber data penelitian ini adalah 4 guru dan 104 siswa kelas II di SD Negeri Gugus 4 Kecamatan Klojen. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa dokumentasi kuesioner online dan wawancara. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan nilai ulangan tiap akhir subtema siswa kelas II di SD Negeri Gugus 4 kecamatan Klojen. Data hasil penelitian diolah menggunakan teknik pengolahan data kuantitatif dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi guru serta prestasi belajar siswa kelas 2 sudah sangat baik dan terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar siswa kelas II di SD Negeri Gugus 4 Kecamatan Klojen Pembelajaran Daring. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien sebesar 0 619 termasuk dalam kategori hubungan kuat dan memiliki nilai signifikansi 0 000 dikategorikan dalam hubungan yang signifikan. Sebaiknya pihak sekolah memberikan informasi dan mengadakan rapat koordinasi antar guru dan seluruh pihak sekolah untuk tetap melakukan serta meningkatkan komunikasi pembelajaran yang baik dan maksimal karena kewajiban guru dalam berkomunikasi dengan baik dalam pembelajaran sangat mempengaruhi terhadap tinggi dan rendahnya prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140784

Actions (login required)

View Item View Item