Sulasriani, Dewi Sulasriani (2021) pengembangan booklet berbasis qr code dengan penguatan karakter mandiri pada materi gaya di kelas iv sdn 2 mojorembun kabupaten nganjuk / dewi sulasriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Booklet adalah buku berukuran kecil yang berisi informasi dari suatu topik dan disertai ilustrasi gambar serta bersifat praktis. Dalam penelitian ini dikembangkan booklet sebagai alternatif pemecahan masalah di Kelas IV SDN 2 Mojorembun Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan hasil wawancara studi dokumenter dan angket analisis kebutuhan siswa diketahui bahwa bahan ajar materi gaya berupa LKS tematik yang berisi ringkasan materi dan memiliki tampilan yang kurang menarik. Hal ini menyebabkan siswa jenuh rendahnya minat belajar cenderung pasif saat pembelajaran dan kurang mampu mandiri saat belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan booklet berbasis QR Code dengan penguatan karakter mandiri pada materi gaya di kelas IV yang valid menurut ahli bahan ajar ahli media dan pengguna serta praktis dan menarik menurut siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan sesuai model ADDIE yaitu analisis(analyze) perancangan (design) pengembangan (develop) implementasi (implement) dan evaluasi (evaluate). Data diperoleh dari validasi produk oleh ahli bahan ajar ahli media dan pengguna dalam bentuk skor maupun saran dan masukan. Serta dari angket respon siswa untuk memperoleh skor saran dan masukan menurut siswa terkait kemenarikan dan kepraktisan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa booklet berbasis QR Code dengan penguatan karakter mandiri pada materi gaya di kelas IV dapat digunakan.Hasil validasi produk dari ahli bahan ajar diperoleh persentase sebesar 100% ahli media 88 55% dan pengguna 98 76% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk diperoleh rata-rata persentase sebesar 100% yang berarti produk sangat praktis. Kemenarikan produk diperoleh rata-rata nilai kemenarikan produk sebesar 100% yang berarti produk sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa booklet berbasis QR Code dengan penguatan karakter mandiri pada materi gaya di Kelas IV sangat valid sangat praktis dan sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran serta dapat menguatkan karakter mandiri siswa. Sebaiknya pengembangan booklet berbasis QR Code dengan penguatan karakter mandiri pada materi gaya di kelas IV dapat digunakan di sekolah dasar yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140777 |
Actions (login required)
View Item |