Pengembangan e-lkpd berbasis problem based learning pada tema 7 subtema 2 di kelas iv sekolah dasar / Rosita Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-lkpd berbasis problem based learning pada tema 7 subtema 2 di kelas iv sekolah dasar / Rosita Kurniawati

Kurniawati, Rosita Kurniawati (0000) Pengembangan e-lkpd berbasis problem based learning pada tema 7 subtema 2 di kelas iv sekolah dasar / Rosita Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Pilangbango Kota Madiun dan SDN Tempursari 01 Kabupaten Madiun menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan adalah bahan ajar cetak berupa LKPD yang tersedia dalam buku teks cetak. Menurut siswa LKPD yang digunakan membosankan serta kurang praktis. Selain itu pengetahuan siswa terhadap materi pembelajaran di Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2 masih cenderung menghafal dibandingkan memahami. Pada pembelajaran tematik yang menekankan siswa untuk mencari tahu pengetahuannya sendiri guru merasa kesulitan dalam menerapkan hal tersebut pada pembelajaran dari rumah seperti saat ini sehingga siswa menerima pengetahun secara pasif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dikembangkan bahan ajar berupa elektronik Lembar Kegiatan Peserta Didik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning yang dapat digunakan secara praktis melalui smartphone atau laptop. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa e-LKPD berbasis Problem Based Learning pada Tema 7 Subtema 2 yang valid menurut ahli materi dan ahli media serta praktis digunakan oleh guru dan siswa kelas IV SD. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan teknik analisis data kualitatif berupa hasil wawancara saran dan masukan dari ahli materi ahli media dan pengguna yang dianalisis secara deskriptif serta teknik analisis data kuantitatif brupa hasil validasi dari ahli materi dan ahli media uji kepraktisan menurut pengguna yang diukur menggunakan skala likert dan skala guttman. e-LKPD berbasis Problem Based Learning yang dihasilkan berupa LKPD yang dapat diakses melalui website online Live Worksheets yang memuat materi dan kegiatan yang harus diselesaikan oleh siswa pada Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2 di kelas IV SD. Produk ini telah divalidasi dan uji coba produk dengan hasil validasi ahli materi sebesar 95 83% hasil validasi ahli media sebesar 90% nilai kepraktisan menurut guru pengguna sebesar 100% dan nilai kepraktisan menurut siswa pada uji coba produk skala kecil dan uji coba produk skala besar sebesar 100%. e-LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa valid menurut ahli materi dan ahli media serta praktis digunakan oleh guru dan siswa kelas IV SD. Saran untuk pemanfaatan e-LKPD berbasis Problem Based Learning pada kegiatan pembelajaran ini adalah henaknya memiliki fasilitas pendukung seperti smartphone atau laptop yang terhubung jaringan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140767

Actions (login required)

View Item View Item