persepsi guru dan orang tua siswa kelas rendah tentang implementasi pembelajaran daring di sd negeri 1 turen di masa pandemi 2020/2021 / ilfi nurdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

persepsi guru dan orang tua siswa kelas rendah tentang implementasi pembelajaran daring di sd negeri 1 turen di masa pandemi 2020/2021 / ilfi nurdiana

Nurdiana, Ilfi Nurdiana (2021) persepsi guru dan orang tua siswa kelas rendah tentang implementasi pembelajaran daring di sd negeri 1 turen di masa pandemi 2020/2021 / ilfi nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya perubahan pembelajaran dari tatap muka menjadi dalam jaringan (daring) dikarenakan pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh sekolah termasuk di SD Negeri 1 Turen. Selama pembelajaran daring berlangsung tentunya akan membentuk persepsi bagi setiap individu tak terkecuali guru dan orang tua siswa. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini ingin mengetahui proses pembelajaran daring mencakup perencaan pelaksanaan dan assessment serta persepsi guru dan orang tua siswa kelas rendah mengenai pembelajaran daring di SD Negeri 1 Turen tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dimulai dari pemberian materi atau tugas pada pukul 07.00 melalui media yang telah disepakati bersama. Dan untuk pengumpulan tugas sesuai dengan waktu dan media yang telah dianjurkan oleh guru dalam setiap kelasnya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa guru dan orang tua siswa cenderung memiliki persepsi negatif mengenai pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan informasi yang terkumpul melalui teknik pengumpulan data tersebut bahwa guru dan orang tua siswa kelas rendah di SD Negeri 1 Turen kurang setuju jika pembelajaran daring tetap dilaksanakan setelah pandemi berakhir. Sebab banyaknya kendala yang dialami oleh guru dan orang tua siswa selama pembelajaran daring tahun ajaran 2020/2021 berlangsung. Kendala yang dialami oleh guru dan orang tua siswa berupa kesulitan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman materi siswa ada siswa yang tidak memiliki hp android dan kesulitan untuk membagi waktu antara pekerjaan di rumah dan di sekolah. Berdasarkan temuan penelitian di atas peneliti menyarankan terkait pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 bahwa bagi sekolah untuk selalu meningkatkan kualitas sarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan mengarahkan guru agar membimbing siswa belajar dengan nyaman. Bagi guru diharapkan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas agar terciptanya variasi dalam belajar dan menarik minat siswa saat pelaksanaan pembelajaran daring. Selain itu diharapkan kesadaran dan kesediaan orang tua siswa untuk membimbing anak saat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140765

Actions (login required)

View Item View Item