analisis problematika pembelajaran daring kelas ii dan v upt sd negeri jati 01 kabupaten blitar / pipit handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis problematika pembelajaran daring kelas ii dan v upt sd negeri jati 01 kabupaten blitar / pipit handayani

Handayani, Pipit Handayani (2021) analisis problematika pembelajaran daring kelas ii dan v upt sd negeri jati 01 kabupaten blitar / pipit handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya pandemi ini mengakibatkan kegiatan belajar dilakukan secara daring. Dengan diberlakukannya pembelajaran daring ini maka pembelajaran tidak dapat berjalan secara maksimal dan banyak sekali problema dan masalah baru yang muncul. Baik problema yang dialami guru siswa dan orang tua atau wali murid. Dengan ini maka harus sebisa mungkin mencari solusi terhadap problema tersebut dengan cepat agar tetap bisa melakukan aktivitas belajar meskipun dilakukan secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan problematika pembelajaran daring di kelas II dan V serta solusi yang untuk mengatasi problematika pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini dilakukan pada kelas II dan V. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru siswa dan orang tua atau wali murid. Adapun tahap dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Pelaksanaan kegiatan di masa pandemi menerapkan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring hendaknya di desain sederhana dan menarik agar baik guru atau siswa dapat mengikuti dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran daring di UPT SD Negeri Jati 01 Kabupaten Blitar sudah berjalan baik. Whatsapp dipilih sebagai media untuk berkomunikasi selama pembelajaran daring karena dinilai sudah familiar dan praktis. Dalam pembelajaran daring ini whatsapp juga dikombinasi dengan platform lain. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang problematika pembelajaran daring kelas II dan V UPT SD Negeri Jati 01 Kabupaten Blitar adapun masalah yang dihadapi adalah berkaitan dengan kompetensi guru tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda permasalahan mengenai alat komunikasi dan permasalahan orang tua atau wali murid yang kurang perhatian terhadap siswa. Sehingga solusi yang dapat diambil yaitu guru dapat mengikuti pelatihan menggunakan berbagai variasi dalam kegiatan pembelajaran memberikan fasilitas pendampingan belajar dan mengagendakan pertemuan dengan orang tua untuk sosialisasi tentang pendampingan dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140763

Actions (login required)

View Item View Item