pengembangan multimedia interaktif berbasis android dengan model problem based learning muatan matematika materi bangun ruang kelas v sekolah dasar / diantika puji astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan multimedia interaktif berbasis android dengan model problem based learning muatan matematika materi bangun ruang kelas v sekolah dasar / diantika puji astuti

Astuti, Diantika Puji Astuti (2021) pengembangan multimedia interaktif berbasis android dengan model problem based learning muatan matematika materi bangun ruang kelas v sekolah dasar / diantika puji astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pesan atau materi kepada siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan ditemukan bahwa guru masih belum menggunakan media dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada muatan matematika materi bangun ruang. Sehingga pada saat observasi menunjukkan bahwa siswa masih kebingungan dan belum memahami tentang sifat-sifat bangun ruang dan volume bangun ruang. Hasil wawancara dengan siswa dapat diketahui bahwa siswa lebih senang apabila pada saat kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan multimedia interaktif yang berbasis android. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif yang valid menurut ahli media pembelajaran ahli materi pembelajaran serta praktis menurut pengguna guru dan pengguna siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation amp Evaluation). Hasil pengembangan berupa produk multimedia interaktif yang digunakan pada materi bangun ruang yang fitur-fiturnya terdiri dari petunjuk penggunaan kompetensi dasar materi kuis dan profil. Berdasarkan instrumen penilaian dari ahli media pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 94 98% dari ahli materi pembelajaran diperoleh persentase 89 29% dari uji coba guru diperoleh persentase 96 05%. Uji coba siswa diperoleh persentase 95 44%. Berdasarkan persentase penilaian dari para ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa interaktif dikategorikan sebagai media pembelajaran yang sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Multimedia interaktif ini dapat dijadikan sebagai penunjang dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk kelas V Sekolah Dasar. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media dengan cakupan lebih luas dan menggunakan tampilan yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140757

Actions (login required)

View Item View Item