pengembangan media video animasi berbasis blender 3d animation untuk muatan matematika materi bangun ruang kubus dan balok kelas v sd / heni ifatul latifa - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media video animasi berbasis blender 3d animation untuk muatan matematika materi bangun ruang kubus dan balok kelas v sd / heni ifatul latifa

Latifa, Heni Ifatul Latifa (2021) pengembangan media video animasi berbasis blender 3d animation untuk muatan matematika materi bangun ruang kubus dan balok kelas v sd / heni ifatul latifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar. Salah satu materi yang dipelajari yaitu bangun ruang. Ketika pandemi covid-19 peran media sangat dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran. Pada penelitian ini akan dikembangkan sebuah media video animasi sebagai alat bantu pembelajaran. Selain melihat siswa juga dapat mendengar penjelasan dari video animasi. Materi yang dibahas dalam pengembangan media ini yaitu materi bangun ruang kubus dan balok. Pengembangan media sebagai alternatif pemecahan masalah di kelas V SD yaitu kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa kurang antusias ketika pembelajaran berlangsung dan siswa kurang memahami materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk video animasi yang valid menurut ahli media ahli materi dan praktis menurut pengguna. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Data yang diperoleh pada penelitian dan pengembangan yaitu berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang diberikan kepada ahli media ahli materi dan pengguna sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran ahli media ahli materi dan pengguna. Produk yang dikembangkan berupa video animasi bangun ruang kubus dan balok. Bangun ruang kubus dan balok pada video animasi akan berputar pada porosnya untuk menunjukkan sifat-sifatnya lalu diikuti dengan penjelasan melalui audio. Kemudian bangun ruang akan membuka menjadi jaring-jaring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Blender 3D Animation untuk muatan matematika materi bangun ruang kubus dan balok kelas V SD dinyatakan layak digunakan. Tingkat validitas yang diperoleh dari ahli media yaitu 96% dari ahli materi yaitu 91% dari pengguna (guru) yaitu 93% dan dari pengguna (siswa) yaitu 96% sehingga dapat disimpulkan bahwa media video animasi sangat valid dan sangat praktis. Namun adapun saran dari ahli dan pengguna untuk perbaikan media agar lebih baik lagi. Berdasarkan hasil penilaian media video animasi berbasis Blender 3D Animation untuk muatan matematika materi bangun ruang kubus dan balok kelas V SD dikatakan sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Adapun saran dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu media digunakan sebagai salah satu penunjang pembelajaran agar pembelajaran lebih mudah dan bervariasi diharapkan media video animasi dapat digunakan di sekolah yang berbeda dan diharapkan pengembangan media video animasi tidak hanya untuk materi bangun ruang tetapi untuk materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140756

Actions (login required)

View Item View Item