pengembangan e-modul melalui sigil software pada materi organ penapasan manusia dan hewan dengan penguatan karakter mandiri di kelas v sdn pakunden 1 kota blitar / merrlisa yepi purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan e-modul melalui sigil software pada materi organ penapasan manusia dan hewan dengan penguatan karakter mandiri di kelas v sdn pakunden 1 kota blitar / merrlisa yepi purwanti

Purwanti, Merrlisa Yepi Purwanti (2021) pengembangan e-modul melalui sigil software pada materi organ penapasan manusia dan hewan dengan penguatan karakter mandiri di kelas v sdn pakunden 1 kota blitar / merrlisa yepi purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar adalah salah satu sarana yang dapat digunakan oleh guru maupun siswa yang disusun secara sistematis dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas V SDN Pakunden 1 Kota Blitar diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan oleh guru hanya berpatokan pada buku Tematik Permendikbud revisi tahun 2017 tanpa menggunakan bahan ajar lain. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh guru diketahui bahwa dari 34 siswa nilai ketuntasan belajar siswa pada materi organ Pernapasan manusia dan hewan kurang dari 75%. Selain itu siswa kesulitan memahami materi organ penapasan manusia dan hewan karena cakupan materi sangat banyak dengan waktu belajar yang singkat. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan E-Modul melalui Sigil Software pada materi organ pernapasan manusia dan hewan yang valid serta praktis digunakan siswa dengan penguatan karakter mandiri. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Prosedur pengembangan yang telah dilaksanakan meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk akhir. Hasil penilaian E-Modul melalui Sigil Software menunjukkan bahwa e-modul layak digunakan. Persentase hasil penilaian dari ahli materi sebesar 100% ahli bahan ajar 100% dan guru sebagai pengguna sebesar 100%. Selain itu hasil kepraktisan e-modul pada uji coba produk diperoleh hasil 100% dan pada uji coba pemakaian diperoleh hasil 98 43%. Sehingga e-modul melalui sigil software dikategorikan sangat praktis dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul melalui sigil software sangat valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Sebaiknya pengembangan e-modul melalui sigil software tidak hanya dikembangkan pada organ pernapasan manusia dan hewan saja melainkan pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140754

Actions (login required)

View Item View Item