pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline 3 penguatan karakter mandiri tema 7 subtema 3 kelas v di sdn sumber 02 blitar / farid bashirudin yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline 3 penguatan karakter mandiri tema 7 subtema 3 kelas v di sdn sumber 02 blitar / farid bashirudin yusuf

Yusuf, Farid Bashirudin Yusuf (2021) pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline 3 penguatan karakter mandiri tema 7 subtema 3 kelas v di sdn sumber 02 blitar / farid bashirudin yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan informasi berupa materi pembelajaran yang dilakukan menjadi efektif menarik dan menyenangkan. Hasil wawancara yang dilakukan oleh guru diketahui bahwa (1) pembelajaran dengan mengirimkan berupa foto materi tugas dan video pembelajaran kurang menarik bagi siswa (2) tugas-tugas yang diberikan oleh guru terkadang dikerjakan oleh orangtua siswa (3) kemandirian siswa dirasa semakin menurun (4) dibutuhkannya media pembelajaran berbasis aplikasi. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 yang valid menurut ahli media ahli materi dan guru serta menarik bagi siswa. Model penelitian dan pengembangan pada media pembelajan ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara instrumen validasi dan dokumentasi. Data dari hasil validasi ahli dan uji coba produk dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 87 5% dengan kriteria sangat valid ahli media sebesar 91 6% dengan kriteria sangat valid dan guru sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 dapat digunakan tanpa revisi. Hasil kemenarikan uji coba tahap satu mendapatkan persentase 100% dengan kriteria sangat menarik dan tahap dua sebesar 85 5% dengan kriteria sangat menarik. Pada uji coba tahap satu media pembelajaran dapat memberikan dampak dengan memunculkan kemandirian siswa dengan persentase sebesar 83 3% dengan kriteria sangat mandiri dan uji coba tahap dua sebesar 84 1% dengan kriteria sangat mandiri. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat menarik dan dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 dengan penguatan karakter mandiri pada tema 7 subtema 3 valid menurut ahli materi ahli media dan guru serta menarik bagi siswa. Saran dari hasil penelitian ini hendaknya guru menggunakan media pembelajaran ini karena valid menurut ahli materi ahli media. Guru juga dapat menggunakan media pembelajaran ini karena menarik bagi siswa dan dapat memberikan dampak memunculkan kemandirian siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140750

Actions (login required)

View Item View Item