pengembangan e-modul interaktif subtema indahnya keragaman budaya negeriku pada kelas iv sdn pelem 1 kabupaten kediri / dhara sasmita - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan e-modul interaktif subtema indahnya keragaman budaya negeriku pada kelas iv sdn pelem 1 kabupaten kediri / dhara sasmita

Sasmita, Dhara Sasmita (2021) pengembangan e-modul interaktif subtema indahnya keragaman budaya negeriku pada kelas iv sdn pelem 1 kabupaten kediri / dhara sasmita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-modul interaktif adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis yang memuat materi gambar video pembelajaran dan quiz yang disajkan dalam format elektronik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan potensi masalah bahwa kelas IV SDN pelem 1 Kabupaten Kediri membutuhkan bahan ajar penunjang dalam proses pembelajaran siswa hanya menggunakan buku tematik 2013 dan bupena proses pembelajaran hanya memberikan penugasan melalui whatsapp group tampilan bahan ajar kurang menarik dan font yang digunakan kurang variasi materi dalam buku tersebut masih kurang lengkap salah satunya adalah subtema indahnya keragaman budaya negeriku belum terdapat media pembelajaran pendukung sehingga membuat siswa kurang motivasi untuk belajar. Untuk itu penelitian dan pengembangan ini menghasilkan e-modul interaktif subtema indahnya keragaman budaya negeriku pada kelas IV SDN Pelem 1 Kabupaten Kediri yang valid dan menarik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan 9 tahapan model Borg and Gall menurut (Sugiyono 2013 298) langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan angket. Analisis angket ahli materi ahli bahan ajar dan pengguna menggunakan skala Likert. Sedangkan angket respon siswa menggunakan skala Guttman. E-modul interaktif mendapat nilai kevalidan dari ahli materi sebesar 93 75% dengan kategori sangat valid nilai kevalidan dari ahli bahan ajar sebesar 90% dengan kategori sangat valid dan nilai kevalidan dari pengguna (guru) sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon siswa pada uji coba produk sebesar 96 67% dengan kategori sangat menarik dan hasil angket respon siswa pada uji coba pemakaian sebesar 97 33% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif subtema indahnya keragaman budaya negeriku pada kelas IV sangat valid dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Sebaiknya pengembangan e-modul interaktif tidak hanya dikembangkan pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku saja melainkan materi yang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140749

Actions (login required)

View Item View Item