pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan kelas v sdn srengat 02 kabupaten blitar / afrizal zuhri zahrowi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan kelas v sdn srengat 02 kabupaten blitar / afrizal zuhri zahrowi

Zahrowi, Afrizal Zuhri Zahrowi (2021) pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan kelas v sdn srengat 02 kabupaten blitar / afrizal zuhri zahrowi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan kegiatan wawancara dan observasi di SDN Srengat 02 Blitar ditemukan masalah peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi IPS dan peserta didik kurang minat terhadap materi IPS karena materi IPS cenderung membosankan yang hanya menggunakan media dari buku dan video dari Youtube. Tujuan penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan di kelas V SDN Srengat 02 Kabupaten Blitar yang valid menurut ahli materi ahli media dan guru serta praktis dan menarik bagi peserta didik. Model penelitian dan pengembangan menggunakan R amp D oleh Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase kemudian hasilnya dikategorisasikan. Analisis angket ahli materi ahli media dan pengguna menggunakan skala Likert. Sedangkan angket respon peserta didik dianalisis menggunakan skala Guttman. Hasil kevalidan dan kepraktisan produk divalidasi oleh ahli materi sebesar 96 87% dengan kategori valid ahli media menilai sebesar 96 87% dan guru memberi nilai 100% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba produk dengan rata-rata 100% dan uji coba pemakaian dengan rata-rata sebesar 97% dengan kategori sangat praktis dan menarik dan dapat digunakan. Simpulan dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan kelas V SDN Srengat 02 yang valid menurut ahli materi ahli media dan guru serta praktis dan menarik bagi peserta didik. Dari hasil uji coba dalam penggunaan media pembelajaran berbasis android adalah peserta didik hendaknya menyiapkan perangkat yang memadai agar lancarnya pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi IPS agar menarik perhatian peserta didik. Peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan materi pada muatan yang berbeda dan jenjang kelas yang berbeda sehingga memiliki sasaran yang lebih luas. Sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tidak membosankan dan dapat menarik perhatian peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 07:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140748

Actions (login required)

View Item View Item