analisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada siswa kelas v upt sd negeri balerejo 03 kabupaten blitar / intan pandini - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada siswa kelas v upt sd negeri balerejo 03 kabupaten blitar / intan pandini

Pandini, Intan Pandini (2021) analisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada siswa kelas v upt sd negeri balerejo 03 kabupaten blitar / intan pandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada kelas V UPT SDN Balerejo 03 Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan bahwa siswa masih mengalami kesalahan dalam penggunaan huruf kapital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi letak kesalahan siswa dalam penggunaan huruf kapital dan mengidentifikasi faktor penyebabnya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes menulis surat undangan resmi kepada siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital pada tulisan siswa rata-rata kesalahan siswa dalam penggunaan huruf kapital pada huruf pertama awal kalimat sebesar 23 08% unsur nama orang sebesar 38 46% unsur jabatan sebesar 76 92% unsur sapaan sebesar 58 01% nama hari bulan dan hari besar sebesar 63 21% nama geografi sebesar 54 49% nama lembaga sebesar 57 21% huruf kapital pada singkatan sebesar 48 19% karena kehadiran huruf kapital sebesar 13 01% karena ketidakhadiran huruf kapital sebesar 45 36%. Kesalahan penggunaan huruf kapital terjadi karena siswa belum memahami penggunaan huruf kapital dengan baik Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kesalahan penggunaan huruf kapital siswa kelas V UPT SDN Balerejo 03 Kabupaten Blitar dengan rata-rata kesalahan kurang dari 50% yaitu terdapat pada huruf pertama awal kalimat huruf pertama unsur nama orang pada singkatan karena kehadiran huruf kapital dan karena ketidakhadiran huruf kapital. Sedangkan kesalahan penggunaan huruf kapital dengan rata-rata kesalahan lebih dari 50% yaitu terdapat pada huruf pertama unsur jabatan huruf pertama unsur sapaan huruf pertama nama hari bulan dan hari besar huruf pertama nama geografi dan huruf pertama nama lembaga. Faktor penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital yaitu berasal dari siswa dan guru. Saran bagi guru yaitu hendaknya memilih metode pembelajaran yang sesuai lebih memperhatikan siswa memberikan contoh menulis dengan menggunakan huruf kapital yang tepat menggunakan teknik penilaian yang tepat serta menggunakan media pembelajaran. Sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran huruf kapital yang memadai untuk siswa. Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian sejenis terkait penggunaan huruf kapital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140740

Actions (login required)

View Item View Item