Membangun destination branding ekowisata bawah laut di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara melalui perancangan sistem identitas dan aplikasinya / Hanifah Muslimah Azzahra - Repositori Universitas Negeri Malang

Membangun destination branding ekowisata bawah laut di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara melalui perancangan sistem identitas dan aplikasinya / Hanifah Muslimah Azzahra

Azzahra, Hanifah Muslimah (2011) Membangun destination branding ekowisata bawah laut di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara melalui perancangan sistem identitas dan aplikasinya / Hanifah Muslimah Azzahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci sistem identitas destination branding ekowisata bawah laut Pulau Mahengetang Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara memiliki keunikan berupa gunung berapi bawah laut yang berada di perairan dangkal sangat jarang dijumpai di tempat lain diseluruh dunia. Keunikan tersebut didukung kondisi ekosistem bawah laut di perairan Pulau Mahengetang yang indah dan masih terjaga dengan baik. Kondisi tersebut sangat potensial untuk pengembangan sektor pariwista. Namun kurangnya usaha promosi wisata dan terbatasnya akses transportasi dan komunikasi. Prinsip ekowisata harus diterapkan untuk menunjang ekonomi masyarakat dan menjaga kelestarian alam. Dalam pengembangan ekowisata bawah laut membangun destination branding mutlak diperlukan dengan tujuan membangun brand image positif bagi suatu lokasi meningkatkan quality of life bagi masyarakat di lokasi tersebut membangun brand awareness sehinga mampu menarik target audience yaitu wisatawan baik lokal maupun mancanegara bisnis dan industri dan menemukan pasar ekspor. Pada perancangan ini digunakan model perancangan prosedural untuk pemecahan masalah secara komunikasi visual. Perancangan meliputi merancang sistem identitas dan aplikasikannya. Produk perancangan yang dihasilkan berupa pedoman sistem identitas yang berisi ketentuan elemen-elemen dasar nama tagline logo warna dan tipografi elemen-elemen visual lainnya dan aplikasi pada stationery media digital media cetak merchandise signage stiker dan embed. Sebagai nilai jual utama gunung api bawah laut menjadi objek yang dieksplorasi dalam perancangan nama tagline logo warna tipografi dan keseluruhan rangkaian sistem identitas dan aplikasinya. Perancangan sebagai pemecahan secara komunikasi visual ini membutuhkan analisis lebih lanjut untuk pengembangan ekowisata bahari dalam berbagai aspek meliputi sosial ekonomi ekologi budaya agar tebangun suatu konsep ekowisata bahari yang berkelanjutan (sustainable) di Pulau Mahengetang untuk menunjang ekonomi masyarat dan menjaga kelestarian alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14074

Actions (login required)

View Item View Item