penerapan metode sas untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung kelas 1 sdn bandulan 2 kota malang / ratna putri aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan metode sas untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung kelas 1 sdn bandulan 2 kota malang / ratna putri aulia

Aulia, Ratna Putri Aulia (2021) penerapan metode sas untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung kelas 1 sdn bandulan 2 kota malang / ratna putri aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada siswa dan guru kelas 1 SDN Bandulan 2 Kota Malang. Masalah ini didapatkan berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas 1 pada tanggal 16 April 2021 yaitu siswa mengalami kesulitan untuk mengerjakan tugas tulisan huruf tegak bersambung. Pada keadaan pandemi saat ini tugas siswa berupa tulisan huruf tegak bersambung sering dikerjakan oleh orang tuanya sehingga hasil tulisan tidak murni tulisan siswa sendiri. Masalah pada guru didapatkan berdasarkan hasil observasi tanggal 23 April 2021 yaitu guru belum menerapkan metode yang khusus pembelajaran menulis huruf tegak bersambung di kelas 1. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengetahui hasil metode SAS dalam meningkatkan keterampilan menulis khususnya menulis huruf tegak bersambung di kelas 1 SDN Bandulan 2 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas 1 SDN Bandulan 2 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi tes wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Kualitatif untuk analisis hasil observasi wawancara dan dokumentasi sedangkan kuantitatif untuk analisis hasil tes menulis huruf tegak bersambung dengan metode SAS. Dari hasil penelitian diketahui persentase ketuntasan belajar siswa pada pelaksanaan siklus II yang mencapai 77 8%. Sebelumnya dilakukan kegiatan pra siklus dan siklus I yang masing-masing perolehan persentase ketuntasan belajar hanya 18 5% dan 37% dan meningkat pada pelaksanaan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode SAS ini dapat meningkatan keterampilan menulis huruf tegak bersambung siswa kelas 1. Saran untuk guru yaitu guru sebaiknya menggunakan variasi metode pembelajaran agar pembelajaran menulis huruf tegak bersambung menyenangkan. Sebaiknya juga guru menyiapkan dan merencanakan pembelajaran menulis huruf tegak bersambung dengan inovasi dan memberikan bimbingan atau perhatian lebih kepada siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran menulis huruf tegak bersambung. Saran bagi sekolah yaitu sebaiknya pihak sekolah berupaya agar memberikan sarana dan prasarana yang bisa menunjang keterampilan menulis huruf tegak bersambung di kelas 1. Selain itu sebaiknya pihak sekolah melakukan bimbingan untuk para guru untuk memperbaiki dan mengembangkan proses belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran menulis huruf tegak bersambung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140733

Actions (login required)

View Item View Item