Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tema daerah tempat tinggalku kelas iv di sdn karangbesuki 1 kota malang / Alalwi Faridath Djawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tema daerah tempat tinggalku kelas iv di sdn karangbesuki 1 kota malang / Alalwi Faridath Djawa

Djawa, Alalwi Faridath Djawa (0000) Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tema daerah tempat tinggalku kelas iv di sdn karangbesuki 1 kota malang / Alalwi Faridath Djawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Djawa Alalwi Faridath. 2021. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Di SDN Karangbesuki 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci Penerapan Pendekatan Saintifik Kelas IV Penerapan pada pendekatan saintifik memberi bentuk pola pikir kritis pada siswa untuk berkarya menggunakan langkah ilmiah yang menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dibandingkan hasil pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan pada kurikulum 2013 adalah dengan memadukan penalaran induktif dan penalaran deduktif yang disebut dengan pendekatan saintifik. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dalam pendekatan saintifik menggunakan langkah-langkah yang meliputi langkah mengamati menanya menalar mengumpulkan informasi mencoba dan mengkomunikasikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik di kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kota Malang sehingga penerapan pendekatan saintifik dilaksanakan sesuai dengan prosedurnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomena dari Moleong (2017). Hasil penelitian Peneliti memperoleh gambaran tentang perencanaan pelaksanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran evaluasi dan kendala dalam melaksanakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang di download melalui internet kemudian disesuaikan dengan pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru. pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan yakni pembelajaran online. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru juga menyesuaikan dengan kondisi saat ini guru juga tidak sepenuhnya mengikuti permendikbud dengan alasan kondisi pandemi. kendala yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran yakni tidak bisa bertatap muka secara langsung ketika melaksanakan proses belajar mengajar. evaluasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan berupa penilaian sikap pengetahuan keterampilan dan hasil kerja siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140729

Actions (login required)

View Item View Item