analisis soal tipe hots pada soal penilaian akhir semester ganjil pembelajaran matematika kelas iv kota malang tahun ajaran 2019/2020. / annisa nurlaili - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis soal tipe hots pada soal penilaian akhir semester ganjil pembelajaran matematika kelas iv kota malang tahun ajaran 2019/2020. / annisa nurlaili

Nurlaili, Annisa Nurlaili (2021) analisis soal tipe hots pada soal penilaian akhir semester ganjil pembelajaran matematika kelas iv kota malang tahun ajaran 2019/2020. / annisa nurlaili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil TIMMS (Trend in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Programme for International Student Assessment) dapat dikatakan bahwa siswa di Indonesia tergolong rendah dalam kemampuan kognitif bidang matematika. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif tersebut siswa harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Salah satu bentuk penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah Penilaian Akhir Semester (PAS). Yang menjadi masalah yaitu apakah soal PAS yang disusun oleh setiap daerah sudah memuat soal HOTS atau belum. Berdasarkan dua penelitian terdahulu memperoleh hasil bahwa kandungan HOTS dalam soal PAS SD belum proporsional. Oleh karena itu peneliti bermaksud menganalisis soal HOTS dalam soal PAS Matematika kelas IV semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di Kota Malang dengan tujuan mengetahui persebaran tingkatan kognitif dan karakteristik soal HOTS pada soal PAS Matematika kelas IV Kota Malang tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu instrumen pokok adalah peneliti dan instrumen penunjang yaitu pedoman untuk menganalisis tingkatan kognitif dan karakteristik HOTS pada naskah soal PAS Matematika kelas IV. Pedoman penyusunan instrumen didasarkan kajian teori dimensi proses berpikir menurut Anderson dan Krathwohl dan panduan pengembangan soal HOTS oleh Kemendikbud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis isi atau dokumen berupa naskah soal PAS Matematika kelas IV semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di Kota Malang dengan membaca mengkaji mencatat dan mengerjakan soal sehingga dapat mendeskripsikan tingkatan kognitif dan karakteristik HOTS berdasarkan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 butir soal soal yang termasuk tingkat kognitif HOTS hanya sebanyak 3 soal pada tingkat kognitif C4 saja dan tingkat kognitif yang mendominasi adalah tingkat kognitif C3 sebanyak 15 soal. Sedangkan tingkat kognitif C1 sebanyak 3 soal dan C2 sebanyak 14 soal. Untuk soal yang memuat seluruh karakteristik soal HOTS ada 3 soal yang memuat satu atau dua karakterisik soal HOTS sebanyak 11 soal dan yang tidak berkarakter soal HOTS yaitu 21 soal. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan untuk menambah jumlah soal dengan tingkat kognitif HOTS menambah soal tingkat kognitif C5 dan C6 pada soal PAS dan memberi stimulus dalam setiap soal agar memiliki karakterisik HOTS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140725

Actions (login required)

View Item View Item