Pengembangan media cd powerpoint materi perkalian dan pembagian pecahan kelas v sekolah dasar / Erwin Syaifurrohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media cd powerpoint materi perkalian dan pembagian pecahan kelas v sekolah dasar / Erwin Syaifurrohman

Syaifurrohman, Erwin Syaifurrohman (2021) Pengembangan media cd powerpoint materi perkalian dan pembagian pecahan kelas v sekolah dasar / Erwin Syaifurrohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran berfungsi untuk membantu guru menyampaikan materi pelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan dan observasi pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas V SDN Sawojajar 2 Kota Malang dalam pmbelajaran guru membutuhkan media untuk materi perkalian dan pembagian pecahan. Tujuan penelitian ini untuk memenuhi kebutuhan guru dalam mengembangkan media perkalian dan pembagian pecahan yang dinyatakan valid oleh ahli serta dapat digunakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang praktis dan efektif mudah dipahami oleh siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki sembilan langkah penlitian diadaptasi dari Sugiyono. Sembilan langkah tersebut adalah potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain ujicoba produk revisi produk ujicoba pemakaian dan revisi produk. Pengujian instrumen penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan judgment expertd atau pendapat ahli media dan ahli materi dengan keputusan tanpa perbaikan sedikit perbaikan dan dirombak total. Uji coba pemakaian media dilakukan dengan pre-test dan pots-test. Hasil produk penelitian ini berupa media powerpoint materi perkalian dan pembagian pecahan kelas V Sekolah Dasar yang dikemas dalam bentuk CD Pembelajaran. Media ini dilengkapi dengan buku petunjuk guru yang memuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan indikator pembelajaran operasi hitung perkalian pecahan biasa dengan pecahan biasa pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa perkalian pecahan biasa dengan pecahan campuran pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan menyelesaikan permasalahan pecahan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengujian produk berdasarkan analisis validasi oleh ahli media pembelajaran diperoleh rata-rata persentase nilai 82 9% dengan interpretasi produk valid tanpa revisi. Dari ahli materi diperoleh rata-rata persentase nilai 85% dengan interpretasi produk valid tanpa revisi. Hasil uji coba pada guru diperoleh persentase nilai 92 5% dengan interpretasi produk valid tanpa revisi. Dari uji coba siswa diperoleh rata-rata persentase nilai 89 7% dengan interpretasi produk valid tanpa revisi. Uji lapangan pada siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil pre-test dan pots-test yaitu sebesar 17 95 poin. Berdasarkan persentase validasi ahli dan penilaian uji coba guru dengan siswa media CD Powerpoint valid digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran perkalian dan pembagian pecahan kelas V Sekolah Dasar. Media CD Powerpoint materi perkalian dan pembagian pecahan kelas V Sekolah Dasar ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif dan praktis mudah digunakan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan CD powerpoint matematika ini dengan memperbanyak kegiatan pembelajaran yang menuntut siswa aktif berpikir Serta dapat dikembangkan untuk jenjang kelas lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140724

Actions (login required)

View Item View Item