Analisis kendala siswa dalam pembelajaran daring masa pandemi covid-19 pada tema 8 muatan ipa kelas iv sdn pisangcandi 1 malang / Miftachul Amri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kendala siswa dalam pembelajaran daring masa pandemi covid-19 pada tema 8 muatan ipa kelas iv sdn pisangcandi 1 malang / Miftachul Amri

Amri, Miftachul Amri (2021) Analisis kendala siswa dalam pembelajaran daring masa pandemi covid-19 pada tema 8 muatan ipa kelas iv sdn pisangcandi 1 malang / Miftachul Amri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 menimbulkan banyak perubahan dari perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Sehingga siswa dan pengajar akan merasakan kendala dalam pelaksanaannya beserta solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring. Kendala yang dialami siswa dan guru serta solusi dalam mengatasi pembelajaran daring masa pandemi covid-19 tema 8 muatan IPA kelas IV SDN Pisangcandi 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa guru tidak melakukan perencanaan dalam bentuk RPP sendiri. Guru menggunakan RPP yang berasal dari web di internet. Hal ini dikarenakan RPP yang dibuat bersama tim KKG belum diberikan kepada pihak sekolah. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan merupakan pembelajaran daring sehingga tidak sesuai dengan RPP luring yang digunakan. Media pembelajaran yang digunakan berupa video pembelajaran yang berupa video Youtube. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan mengirimkan soal dalam bentuk pilihan ganda dan esai pada google form. Kendala yang dirasakan selama pembelajaran daring ialah sulitnya merealisasikan model pembelajaran minimnya media yang bisa digunakan kurangnya penonton video pembelajaran penonton video lebih sedikit dari jumlah siswa hal ini membuktikan bahwa siswa tidak melihat materi pembelajaran namun langsung mengerjakan tugas siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran sulitnya melakukan penilaian sikap karena guru tidak dapat melihat keseharian siswa secara langsung kurangnya kuota internet yang dimiliki siswa tidak semua siswa memiliki ponsel sendiri sehingga siswa harus menunggu orang tua mereka pulang kerja terlebih dahulu kurangnya interaksi orang tua yang bekerja dengan peserta didik hal ini membuat peserta didik kesulitan menangkap materi yang diberikan karena tidak ada yangmembantu menjelaskan. Solusi yang diberikan dari pihak sekolah ialah diadakannya pembelajaran melalui video conference. Selain itu solusi yang diberikan pada swa yang tidak memiliki smartphone ialah guru datang ke salah satu rumah siswa yang telah terdapat kelompok kecil 3-5 siswa (jumlah rata-rata siswa yang tidak memiliki smartphone). Solusi selanjutnya ialah siswa datang ke sekolah secara bergantian (cara yang dilakukan guru kelas IVB) serta solusi yang dilakukan oleh kepala sekolah ialah memberikan kuota dari dana BOS untuk guru honorer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140719

Actions (login required)

View Item View Item