Analisis keterampilan siswa kelas v dalam menulis narasi ekspositoris di sdn pisang candi 3 kota malang / Silvy Ayu Kumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan siswa kelas v dalam menulis narasi ekspositoris di sdn pisang candi 3 kota malang / Silvy Ayu Kumalasari

Kumalasari, Silvy Ayu Kumalasari (0000) Analisis keterampilan siswa kelas v dalam menulis narasi ekspositoris di sdn pisang candi 3 kota malang / Silvy Ayu Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan siswa dalam menulis narasi ekspositoris yang beragam. Hal ini menyebabkan guru tidak mengetahui secara jelas bagian mana yang belum atau sudah dikuasai oleh siswa dalam menulis narasi ekspositoris. Berdasarkan hal tersebut maka dirumuskan tujuan penelitian yaitu untuk mendeksripsikan keterampilan siswa dalam menulis narasi ekspositoris berdasarkan struktur dan aspek mekanik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 Malang sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dalam bentuk deskriptif dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis narasi ekspositoris berdasarkan strukturnya belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari proses maupun hasil menulis siswa. Pada tahap pra menulis siswa di kelas V tergolong cukup. Pada tahap menulis siswa di kelas V juga tergolong cukup. Pada tahap pasca menulis siswa di kelas V tergolong perlu bimbingan. Pada bagian orientasi siwa di kelas V tergolong cukup. Pada bagian komplikasi siswa di kelas V tergolong baik. Pada bagian resolusi siswa di kelas V tergolong baik. Selain dari strukturnya keterampilan siswa dalam menulis narasi juga ditinjau dari aspek mekaniknya. Keterampilan siswa dalam menulis narasi ekspositoris berdasarkan aspek mekaniknya belum optimal. Ditinjau dari prosesnya siswa di kelas V tergolong cukup pada tahap menulis. Siswa di kelas V tergolong perlu bimbingan pada tahap pasca menulis. Ditinjau dari hasilnya siswa tergolong perlu bimbingan dalam menggunakan huruf kapital pada petikan langsung. Siswa tergolong cukup dalam menggunakan huruf kapital pada awal kalimat. Siswa tergolong perlu bimbingan dalam menggunakan huruf kapital pada unsur nama orang dan tempat. Siswa tergolong baik dalam menggunakan huruf kapital pada unsur nama tahun bulan dan hari. Siswa tergolong cukup dalam menggunakan tanda baca titik (.). Siswa tergolong perlu bimbingan dalam menggunakan tanda baca koma ( ). Siswa tergolong baik dalam menggunakan tanda baca hubung (-). Saran yang dapat diberikan kepada beberapa pihak yaitu guru hendaknya memberikan layanan pembelajaran secara optimal pada siswa khususnya dalam keterampilan menulis narasi. Pihak sekolah juga diharapkan memfasilitasi siswa dengan kegiatan literasi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140717

Actions (login required)

View Item View Item