Pengembangan multimedia interaktif berbasis stem materi sumber energi untuk siswa kelas 4 sd / Alfira Fahmadia Zulva - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis stem materi sumber energi untuk siswa kelas 4 sd / Alfira Fahmadia Zulva

Zulva, Alfira Fahmadia Zulva (0000) Pengembangan multimedia interaktif berbasis stem materi sumber energi untuk siswa kelas 4 sd / Alfira Fahmadia Zulva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zulva Alfira Fahmadia. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis STEM Materi Sumber Energi Untuk Siswa Kelas 4 SD. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu. M.Pd. (II) Dr. M. Anas Thohir. M.Pd. Kata Kunci Multimedia Interaktif STEM Materi Sumber Energi IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang penting karena mempelajari alam semesta beserta isinya. Oleh karena itu dalam pembelajaran IPA sangat membutuhkan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami sebuah materi. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan di kelas 4 SDN 2 Pengambengan ditemukan permasalah guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang interaktif dan kurangnya antusias belajar siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis STEM yang valid menurut ahli media ahli materi praktis menurut pembelajar dan menarik berdasarkan hasil uji coba skala kecil serta uji coba skala besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development yang merujuk pada model pengembangan Borg amp Gall. Pengembangan media ini terdapat tujuh langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awa (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba skala kecil (5) revisi produk (6) uji coba skala besar (7) revisi produk akhir. Hasil penelitian dan pengembangan multimedia interaktif berbasis STEM materi sumber energi untuk siswa kelas 4 SD memperoleh hasil uji validasi ahli media sebesar 97 5% yang termasuk kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor sebesar 67 5% yang termasuk kriteria kurang valid maka perlu adanya perbaikan besar. Sedangkan berdasarkan uji validasi oleh ahli materi yang kedua memperoleh hasil sebesar 97 5% yang termasuk kriteria sangat valid maka dapat dikatakan media ini layak digunakan tanpa perbaikan. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan oleh guru kelas 4 memperoleh hasil sebesar 100% yang termasuk kriteria sangat praktis maka dapat dikatakan media ini layak digunakan tanpa perbaikan. Berdasarkan uji coba produk skala kecil dan besar untuk mengetahui kemenarikan produk memperoleh skor sebesar 96 67% yang termasuk kriteria sangat menarik maka dapat dikatakan media ini menarik untuk digunakan oleh siswa. Produk yang dikembangkan ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal maka perlu diberikan beberapa saran yaitu media ini dapat digunakan pada saat pembelajaran daring untuk itu disarankan kepada guru dapat menggunakan multimedia interaktif berbasis STEM khususnya pada materi sumber energi. Bagi peneliti selanjutnya jika ingin mengembangkan multimedia interktif berbasis STEM dapat memuat muatan lain selain IPA atau materi lain selain sumber energi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140715

Actions (login required)

View Item View Item