Pengembangan media ular tangga bangun ruang untuk kelas v sekolah dasar / Sindy Rositaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media ular tangga bangun ruang untuk kelas v sekolah dasar / Sindy Rositaningsih

Rositaningsih, Sindy Rositaningsih (0000) Pengembangan media ular tangga bangun ruang untuk kelas v sekolah dasar / Sindy Rositaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar merupakan dasar bagi siswa untuk menerima konsep-konsep matematika secara benar oleh karena itu pembelajaran matematika di sekolah dasar harus berjalan optimal agar mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu cara untuk mencapai keberhasilan tersebut adalah dengan menerapkan model metode dan strategi pembelajaran secara maksimal selain itu kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan media pembelajaran merupakan kunci dari keberhasilan proses pembelajaran. Media pembelajaran matematika memiliki peran penting dalam proses pembelajaran sehingga media yang digunakan harus bervariasi salah satunya dengan menggunakan media Ular Tangga Bangun Ruang. Tujuan penelitan dan pengembangan ini untuk menghasilkan media pemebelajaran berupa media ular tangga bangun ruang yang valid dan menarik menurut ahli media ahli materi guru dan siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Dick and Carey yang telah dimodifikasi. Adapun langkah-langkah dalam prosedur model Dick and Carey yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan (2) analisis pembelajaran (3) mengembangkan pebelajar dan analisis konteks (4) mengembangkan instrumen (5) mengembangkan strategi pembelajaran (6) mengembangkan produk (7) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif serta revisi produk (8) melakukan uji coba (9) merevisi produk (10) produk akhir. Jenis data penelitian dan pengembangan ini menggunakan data kualitatif melalui wawancara dan kritik saran produk serta data kuantitatif melalui hasil penyebaran angket. Instrumen pengumpulan data yang dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan observasi wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan data kualitatif yang di dapat dari saran- saran pada lembar angket dan data kuantitaif di dapat dari skor angket. Hasil evaluasi ahli media untuk media ular tangga bangun ruang kelas V SD menunjukan bahwa ahli media memberikan rata-rata nilai dengan persentase 97 5 % yang termasuk dalam kriteria media yang sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran ahli materi memberikan rata- rata nilai dengan persentase 92 5% yang termasuk dalam kriteria media yang sangat valid guru kelas V SD Kartika IV-1 Malang memberikan rata ndash rata nilai dengan persentase 89 5% dan uji kemenarikan media ular tangga bangun ruang dengan menggunakan 6 siswa memperoleh hasil rata- rata nilai denganpersentase 87 5%. Saran yang diberikan peneliti untuk guru diharapkan untuk menggunakan media ular tangga bangun ruang sebagai media penunjang selain media yang biasa digunakan. Saran untuk pengembang lanjut diharapkan untuk menggunakan materi lain dalam mengkombinasikanya dengan media ular tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140714

Actions (login required)

View Item View Item