Analisis keterbacaan teks narasi pada buku siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan berdasarkan kriteria grafik fry dan smog / Yanuariska Permadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterbacaan teks narasi pada buku siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan berdasarkan kriteria grafik fry dan smog / Yanuariska Permadani

Permadani, Yanuariska (2020) Analisis keterbacaan teks narasi pada buku siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan berdasarkan kriteria grafik fry dan smog / Yanuariska Permadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini diperoleh saat kuliah praktik lapangan atau KPL yang dilakukan peneliti di SDN Polehan 1 Malang terdapat banyak siswa di kelas IV yang kurang mampu dalam mengungkapkan dan memahami isi dari bacaan yang telah mereka baca. Sehingga menimbulkan suatu anggapan mengenai tingkat keterbacaan dari teks yang dibaca siswa tidak sesuai dengan tingkatan kelas atau usia siswa. Permasalahan dalam penelitian ini ialah keterbacaan teks pada buku siswa kelas IV tema (Indahnya Kebersamaan) yang dianalisis berdasarkan kriteria grafik Fry dan SMOG. Pada penelitian ini teks narasi dipilih sebagai bahan kajiannya yaitu 14 teks narasi. Terdapat dua rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana keterbacaan teks narasi pada buku siswa kelas IV tema (Indahnya Kebersamaan) berdasarkan kriteria grafik Fry dan (2) Bagaimana keterbacaan teks narasi pada buku siswa kelas IV tema (Indahnya Kebersamaan) berdasarkan kriteria SMOG. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian berupa data dalam bentuk tabel dan dipaparkan berupa kata-kata yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari menganalisis keterbacaan 14 teks narasi pada buku siswa kelas IV. Penggumpulan datanya menggunakan suatu instrumen penelitian dari grafik Fry dan SMOG dengan analisis data diawali dengan pengumpulan data penyajian data dan verifikasi data. Pada keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian diketahui bahwa teks narasi pada buku siswa kelas IV tema (Indahnya Kebersamaan) kurang sesuai digunakan untuk siswa kelas IV atau berusia 10 tahun. Hal ini disebabkan berdasarkan perhitungan grafik Fry hanya terdapat 2 teks narasi yang sesuai dan berdasarkan perhitungan SMOG hanya terdapat 1 teks narasi yang sesuai. Dengan demikian berdasarkan analisis keterbacaan teks narasi pada buku siswa kelas IV tema (Indahnya Kebersamaan) dapat disimpulkan bahwa teks narasi kurang cocok atau sesuai untuk digunakan di kelas IV sekolah dasar. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi penulis buku lebih memperhatikan tingkat keterbacaan suatu teks yang mudah dipahami oleh siswa bagi guru lebih teliti dalam pemilihan dan penggunaan teks bacaan yang digunakan siswa dalam pembelajaran dengan memperhatikan tingkat keterbacaan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140711

Actions (login required)

View Item View Item