Implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan pembelajaran pengaruh kalor terhadap kehidupan di kelas V SDN Polehan 5 Kota Malang / Elga Agung Pambudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan pembelajaran pengaruh kalor terhadap kehidupan di kelas V SDN Polehan 5 Kota Malang / Elga Agung Pambudi

Pambudi, Elga Agung (2020) Implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan pembelajaran pengaruh kalor terhadap kehidupan di kelas V SDN Polehan 5 Kota Malang / Elga Agung Pambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas yang berangkat dari permasalahan yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu siswa merasa mempunyai bekal baik berupa ilmu ataupun pengalaman saat mengikuti pembelajaran. Penelitian model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan pembelajaran pengaruh kalor terhadap kehidupan di kelas V SDN Polehan 5 Kota Malang bertujuan untuk (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran di kelas V SDN Polehan 5 Kota malang. (2) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran materi kalor pada siswa kelas V SDN Polehan 5 Kota Malang. (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Polehan 5 Kota Malang. Penelitian ini dilakukan karena saat melaksananakn observasi di kelas V SDN Polehan 5 Kota Malang peneliti menemukan pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan kurangnya kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi diri. Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang terjadi di SDN Polehan 5 Kota Malang peneliti berencana menerapkan model pembelajaran Problem Based Leraning terhadap pembelajaran di kelas V SDN Polehan 5 Kota Malang. Dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan siswa bisa mengembangkan potensi diri dengan melaksanakan praktik pembelajaran yang materi pembelajaran diambil dari permasalahan yang sering dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu diharapkan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil nilai belajar siswa karena ilmu yang didapatkan secara otodidak mampu bertahan lama dalam pemikiran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140706

Actions (login required)

View Item View Item