Pengembangan media pembelajaran audiovisual materi satuan waktu berbasis motion graphic di kelas II Sekolah Dasar / Supianor - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran audiovisual materi satuan waktu berbasis motion graphic di kelas II Sekolah Dasar / Supianor

Supianor (2020) Pengembangan media pembelajaran audiovisual materi satuan waktu berbasis motion graphic di kelas II Sekolah Dasar / Supianor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran audiovisual berbasis motion graphic merupakan media pembelajaran dua dimensi yang memanfaatkan grafis gerak berbentuk animasi dan mempunyai suara. Media ini dikembangkan karena guru membutuhkan media yang dapat memahamkan siswa mengenai materi satuan waktu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran audiovisual materi satuan waktu berbasis motion graphic di kelas II sekolah dasar yang valid menurut ahli media ahli materi guru sebagai ahli pengguna dan menarik bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kotalama 4 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model dari pengembangan Dick Carey yang telah dimodifikasi. Validasi produk melibatkan satu ahli materi dan satu ahli media dengan penggunaan angket online dan link google drive produk. Pada tahap uji coba melibatkan 27 siswa dan 1 orang guru dengan menggunakan teknik yang sama. Hasil dari uji coba yaitu data kuantitatif berupa skor yang akan dicocokkan dengan tabel kevalidan dan kemenarikan produk serta data kualitatif berupa komentar kritik dan saran yang digunakan untuk merevisi produk. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran audiovisual materi satuan waktu berbasis motion graphic di kelas II sekolah dasar didapat hasil validasi dari ahli media sebesar 98% ahli materi sebesar 90% dan guru sebagai ahli pengguna sebesar 98 1%. Ketiga hasil validasi tersebut termasuk dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Penilaian dari siswa untuk kemenarikan produk mendapat persentasi 91 4%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audiovisual berbasis motion graphic termasuk dalam kriteria sangat menarik bagi siswa SD kelas II. Produk akhir dari media pembelajaran audovisual berupa video yang diupload di platform youtube dengan beresolusi 1080p. Saran pemanfaatan media pembelajaran audiovisual materi satuan waktu berbasis motion graphic yaitu dapat digunakan guru sebagai sumber penunjang bahan pembelajaran dalam menyampaikan materi satuan waktu pada pembelajaran klasikal dengan menggunakan LCD proyektor dan sound system. Media ini juga dapat digunakan secara individu berbantuan PC/Laptop atau handphone. Saat mengakses media disarankan perangkat yang digunakan terkoneksi jaringan internet untuk mengakses media yang telah diunggah di platform youtube.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140703

Actions (login required)

View Item View Item