Pengembangan media pembelajaran explosion puzzle box pada materi hubungan makhluk hidup dalam ekosistem untuk kelas V SD /Vilda Wirdiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran explosion puzzle box pada materi hubungan makhluk hidup dalam ekosistem untuk kelas V SD /Vilda Wirdiani

Wirdiani, Vilda (2020) Pengembangan media pembelajaran explosion puzzle box pada materi hubungan makhluk hidup dalam ekosistem untuk kelas V SD /Vilda Wirdiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut guru dan peserta didik untuk lebih aktif kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Dalam perancangan program pembelajaran penyediaan sarana dan prasarana sangat penting untuk menunjang pembelajaran. Salah satu sarana dan prasarana dalam pembelajaran yang dapat disediakan yaitu media pembelajaran. Pembelajaran IPA tidak lepas dari media dan bahan ajar yang digunakan. Berdasarkan temuan saat melakukan observasi ditemukan fakta tentang kurang tersedianya media untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakana serta memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan media pembelajaran explosion puzzle box pada materi hubungan makhluk hidup dalam ekosistem untuk kelas v SD yang valid menurut ahli media ahli materi dan pengguna (guru dan peserta didik). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Hasil pengembangan berupa produk media pembelajaran explosion puzzle box pada materi hubungan akhluk hidup dalam ekosistem. Media pembelajaran ini dikembangkan untuk kelas V semester I tema 5 Ekosistem subtema 1 Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem. Berdasarkan hasil validasi kepada ahli dan pengguna (guru) media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan hasil sebesar 86% oleh ahli materi 98% oleh ahli media 95% oleh guru kelas. Uji coba terhadap peserta didik sebagai subjek uji coba memperoleh hasil sebesar 99% berdasarkan respon peserta didik terhadap media. Berdasarkan validasi oleh para ahli terdapat beberapa catatan seperti memberikan contoh ekosistem yang dekat dengan peserta didik mengoptimalisasi pada aspek visual dengan merubah jenis dan ukuran font media dihias agar lebih menarik dan mengupayakan menggunakan bahan yang lebih tangguh agar produk media explosion puzzle box bisa lebih awet dan tidak gampang rusak. Produk yang dikembangkan ini dapat digunakan guru sebagai alternatif untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Alangkah lebih baik pemanfaatan media pembelajaran ini guru memberikan 1 boks media untuk 3 sampai 2 orang peserta didik guna membuat pembelajaran lebih aktif dan tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140693

Actions (login required)

View Item View Item