Pengembangan media rumah bangun datar digital untuk kelas IV Sekolah Dasar / Rohmatul Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media rumah bangun datar digital untuk kelas IV Sekolah Dasar / Rohmatul Fitria

Fitria, Rohmatul (2020) Pengembangan media rumah bangun datar digital untuk kelas IV Sekolah Dasar / Rohmatul Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu ajar yang digunakan untuk mempermudah menyampaikan materi kepada siswa. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa guru telah menggunakan media benda konkret yang ada di dalam kelas dan LCD proyektor untuk menyampaikan konsep bangun datar. Hasil wawancara menunjukkan masih banyak siswa yang bingung dan lupa dengan materi bangun datar contohnya penggunaan rumus keliling dan luas bangun datar serta kurangnya motivasi belajar pada siswa. Hasil wawancara dengan siswa diketahui bahwa siswa lebih senang dilibatkan dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan media berbentuk miniatur rumah yang dilengkapi dengan video pembelajaran menggunakan teknologi digital QR Code. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran rumah bangun datar digital yang valid menurut ahli media pembelajaran ahli materi pembelajaran dan pengguna guru serta menarik menurut pengguna siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Dick Carey. Hasil pengembangan berupa produk media rumah bangun datar digital yang digunakan pada muatan matematika materi bangun datar. Media ini berupa miniatur rumah yang di dalamnya terdapat 4 bagian rumah. Tiap bagian rumah terdapat miniatur perabotan yang merepresentasikan bangun datar. Bagian atap rumah terdapat permainan ular tangga. Dalam permainan ular tangga matematika terdapat kartu soal yang berisi soal-soal cerita materi bangun datar dan kartu jawaban yang berisi pembahasan dari soal-soal yang terdapat pada kartu soal. Media ini dilengkapi dengan video pembelajaran yang ditonton melalui QR Code pada miniatur perabotan. Berdasarkan evaluasi formatif kepada ahli media pembelajaran diperoleh persentase 86 87% dari ahli materi pembelajaran diperoleh persentase 94 64% dari uji coba kepada guru diperoleh persentase 96 7%. Uji coba pengguna kepada 6 siswa diperoleh persentase 95 27%. Berdasarkan persentase penilaian evaluasi formatif dari para ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa media rumah bangun datar digital dikategorikan sebagai media pembelajaran yang valid dan menarik sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media rumah bangun datar digital dapat dijadikan sebagai penunjang dalam pembelajaran matematika materi bangun datar untuk kelas IV sekolah dasar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media dengan cakupan lebih luas. Peneliti lain juga dapat meneliti bagian penilaian bukan langkah-langkah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140692

Actions (login required)

View Item View Item