Perancangan CD interaktif pengenalan alat dan bahan memasak untuk remaja menggunakan flash / Novarika Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan CD interaktif pengenalan alat dan bahan memasak untuk remaja menggunakan flash / Novarika Widyastuti

Widyastuti, Novarika (2011) Perancangan CD interaktif pengenalan alat dan bahan memasak untuk remaja menggunakan flash / Novarika Widyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci CD Interaktif memasak remaja Selama ini masyarakat hanya mendapatkan ilmu masak-memasak informal dari orang tua buku resep masakan dan tayangan memasak di televisi. Itupun memiliki kekurangan masing-masing yang terkadang menghambat kegiatan memasak itu sendiri. Selain itu kegiatan memasak masih dianggap sebagai suatu kegiatan yang hanya dilakukan oleh wanita. Dengan permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu CD interaktif yang dapat membantu remaja pria maupun wanita untuk mempelajari dasar memasak dimulai dengan hal-hal dasar yang sangat penting yaitu pengenalan alat dan bahan untuk memasak dimana keduanya merupakan unsur pokok dalam proses memasak yang jarang dipaparkan dalam media-media lain yang sudah ada. Kegiatan perancangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk desain komunikasi visual berupa suatu media interaktif yang memberikan pengetahuan alat dan bahan memasak untuk remaja dengan menggunakan Flash. Produk CD Interaktif Pengenalan Alat dan Bahan Memasak untuk Remaja Menggunakan Flash ini memiliki banyak halaman content yang memuat tentang alat dan bahan untuk memasak yang memuat gambar foto dan video di dalamnya. Terdapat pula animasi sederhana dan penjelasan singkat yang mudah dipahami oleh remaja. Media ini tidak terbatas waktu karena dapat diputar kapanpun remaja mau dan berulang-ulang tanpa takut tertinggal materi yang ada di dalamnya. Selain itu media ini menggabungkan media audio dan visual sehingga lebih menarik dan menyenangkan sehingga meningkatkan semangat remaja untuk mengenal alat dan bahan memasak. Selain itu ini merupakan wujud pembelajaran kemitra sejajaran sejak dini kepada remaja Indonesia dalam contoh yang paling sederhana. Media CD interaktif merupakan suatu media baru untuk menyampaikan suatu pengenalan alat dan bahan untuk memasak sehingga dibutuhkan media pendamping yang tepat agar menarik perhatian konsumen untuk membelinya. Media utama tersebut akan ditunjang dengan media pendukung seperti poster banner KARMIN (KAmus Rahasia MINi) CD case kaos untuk SPG dan merchandise berupa celemek lucu dengan tema ilustrasi yang sama dengan media utama. Dari paparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa CD Interaktif Pengenalan Alat dan Bahan Memasak untuk Remaja Menggunakan Flash ini merupakan media yang memberikan pengetahuan baru tentang alat dan bahan untuk memasak untuk remaja namun di dalamnya juga terdapat nilai pelajaran tentang pentingnya pendidikan kemitra sejajaran pria dan wanita sejak dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14069

Actions (login required)

View Item View Item