Pengembangan media big book untuk pembelajaran membaca permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar / Kirana Puja Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media big book untuk pembelajaran membaca permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar / Kirana Puja Pradana

Pradana, Kirana Puja (2020) Pengembangan media big book untuk pembelajaran membaca permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar / Kirana Puja Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilaksanakan di SDN Rejosopinggir SDN Gabusbanaran dan SDN Sentul II untuk mengkaji media big book yang sudah ada sebelumya. Media big book yang ditemui masih belum sesuai dengan kriteria media big book. Media big book merupakan buku bacaan yang memiliki ukuran tulisan dan gambar yang besar biasanya digunakan untuk siswa kelas rendah. Pengembangkan media big book bertujuan menghasilkan suatu produk media pembelajaran big book yang layak menurut ahli media materi pengguna dan menarik untuk siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini mengunakan model penelitian dan pengembangan Research and Development (R D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan media meliputi (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) merevisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk akhir. Data diperoleh melalui lembar penilaian validasi oleh ahli materi media dan pengguna. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara mengkaji media big book yang sudah ada dan angket. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi mendapatkan hasil persentase 92 5%. Validasi ahli media mendapatkan hasil persentase 94 6%. Validasi ahli pengguna mendapatka hasil persentase sebesar 92 8%. Berdasarkan penilaian validasi oleh para ahli pengembangan media big book masuk dalam kategori sangat layak atau dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan uji coba keterbacaan dan kemenarikan pada media big book hasil yang diperoleh media big book termasuk dalam kategori media yang menarik dan mudah dibaca oleh siswa dibuktikan hasil angket siswa memperoleh persentase sebesar 100%. Produk yang dikembangkan akan direvisi sesuai dengan kritik dansaran validatoruntuk memperoleh validitas dari sebuah produk yang dikembangkan. Simpulan penelitian yaitu 1) pengembangan media big book masuk dalam kategori sangat layak atau dapat digunakan tanpa revisi. 2) media big book menarik dan dapat mempermudah siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140689

Actions (login required)

View Item View Item