Relevansi nilai, norma, dan moral yang termuat pada kurikulum 2013 dengan yang termuat pada buku siswa kelas IV tema 7 revisi 2017 / Fikri Haikal - Repositori Universitas Negeri Malang

Relevansi nilai, norma, dan moral yang termuat pada kurikulum 2013 dengan yang termuat pada buku siswa kelas IV tema 7 revisi 2017 / Fikri Haikal

Haikal, Fikri Haikal (2020) Relevansi nilai, norma, dan moral yang termuat pada kurikulum 2013 dengan yang termuat pada buku siswa kelas IV tema 7 revisi 2017 / Fikri Haikal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Haikal Fikri. 2020. Relevansi Nilai Norma dan Moral Yang Termuat pada Kurikulum 2013 dengan yang Termuat pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Revisi 2017. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si. (II) Dra. Nihayati S.Pd M.Pd Kata Kunci Nilai Norma Moral Buku Siswa Kurikulum 2013 Keberadaan nilai norma dan moral sangat penting didalam pendidikan untuk mewujudkan penerus bangsa yang berkarakter. Guna meningkatkan nilai norma dan moral dalam mutu pendidikan pemerintah melakukan pembaharuan pada kurikulum sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. Adanya pembaharuan kurikulum dari masa ke masa bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan relevansi nilai norma dan moral yang termuat pada buku siswa kelas IV tema 7 dengan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Sumber data penelitian ini ada 2 yaitu Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang KI dan KD pada kurikulum mata pelajaran PPKn KI 1 dan KI 2 dan buku siswa kelas IV Tema 7. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen. Dalam penelitian ini yang menjadi instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Teknik analisa data yang digunakan peneliti adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada kurikulum 2013 ditemukan nilai kerohanian nilai vital dan nilai sosial. Norma agama norma kesopanan dan norma hukum. Moral keberagamaan dan kemandirian. Sedangkan pada buku siswa semua temuan dari nilai norma dan moral ditemukan secara menyeluruh yang terbagi didalam sub tema 1 sub tema 2 dan sub tema 3. Hasil temuan pada relevansi antara kurikulum 2013 dan buku siswa juga ditemukan pada penelitisn ini namun terdapat juga temuan yang tidak relevan. Pada pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa pada kompetensi inti 1 ditemukan nilai kerohanian nilai vital dan nilai sosial. Pada bagian norma ditemukan norma agama dan norma hukum. Pada bagian moral ditemukan moral keberagamaan dan moral kemandirian. Pada kompetensi inti 2 ditemukan nilai kerohanian nilai vital dan nilai sosial. Pada bagian norma ditemukan norma kesopanan dan norma hukum. Pada bagian moral ditemukan moral keberagamaan dan moral kemandirian. Pada buku siswa kelas IV tema 7 sub tema 1 ditemukan nilai 51 temuan norma 30 temuan dan moral 44 temuan. Pada sub tema 2 ditemukan nilai 42 temuan norma 20 temuan dan moral 33 temuan. Pada sub tema 3 ditemukan nilai 37 temuan norma 26 temuan dan moral 33 temuan. Sedangkan pada hasil analisis kesesuaian buku siswa kelas IV tema 7 dengan Kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn kelas IV bagian KI 1 dan KI 2 ditemukan 115 temuan yang relevan antara buku siswa kelas IV dengan kurikulum 2013 dan 25 temuan yang tidak relevan antara buku siswa kelas IV dan kurikulum 2013. Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat disimpulkan bagi penulis buku temuan yang tidak relevan diharapkan diselaraskan sesuai dengan kurikulum. Bagi pemakai buku yang tidak relevan boleh dijadikan sebagai faktor pengayaan. Bagi peneliti lanjut hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan pendekatan maupun metode berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140688

Actions (login required)

View Item View Item