Pengembangan media monpedado pada muatan ips tema 7 subtema 2 dengan penguatan karakter toleransi bagi siswa kelas IV di SDN Kauman 2 Kota Blitar / Anada Zyaira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monpedado pada muatan ips tema 7 subtema 2 dengan penguatan karakter toleransi bagi siswa kelas IV di SDN Kauman 2 Kota Blitar / Anada Zyaira

Zyaira, Anada (2020) Pengembangan media monpedado pada muatan ips tema 7 subtema 2 dengan penguatan karakter toleransi bagi siswa kelas IV di SDN Kauman 2 Kota Blitar / Anada Zyaira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zyaira Anada. 2020. Pengembangan Media MONPEDADO Pada Muatan IPS Tema 7 Subtema 2 dengan Penguatan Karakter Toleransi bagi siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Sumanto M.Pd. (2) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media MONPEDADO Indahnya Keragaman Budaya Negeriku SD Masalah yang ada di kelas IV terkait dengan pembelajaran IPS dan bahan ajar yang digunakan. Hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Kauman 2 ditemukan masalah pada muatan IPS tema 7 subtema 2 yaitu bahan ajar yang digunakan untuk sumber belajar siswa hanya buku tematik gambar ragam budaya sederhana dan didalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah yang cenderung membuat siswa merasa bosan pada saat siswa sudah merasa bosan dalam proses pembelajaran terkadang mereka saling menganggu satu sama lain dan mengolok- ngolok. Hal ini terjadi karena siswa belum mengembangkan karakter toleransi pada dirinya. OLeh karena itu dikembangkannya media MONPEDADO pada muatan IPS tema 7 subtema 2 dengan penguatan karakter toleransi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa media MONPEDADO materi Indahnya keragaman budaya dengan penguatan karakter toleransi untuk kelas IV SDN Kauman 2 Kota Blitar yang valid menurut para ahli dan pengguna serta praktis menurut siswa. Media MONPEDADO terdiri dari permainan monopoly peta kartu soal dan kartu pengetahuan. Media MONPEDADO dikembangkan untuk meningkatkan minat belajar IPS khususnya tentang materi Indahnya keragaman budaya negeriku. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R D) dengan Langkah penelitian pengembangan model borg gall. Data yang dianalisis berasal dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian angket analisis kebutuhan angket validasi ahli materi ahli media dan guru serta angket respon siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara kesimpulan hasil pengisian angket analisis kebutuhan serta saran dan masukan dari ahli materi ahli materi guru dan siswa. Hasil penelitian dan pengembangan media MONPEDADO pada muatan IPS tema 7 subtema 2 dengan penguatan karakter toleransi menunjukkan bahwa kelayakan media dari segi kevalidan yaitu validasi materi mencapai tingkat kevalidan 93 75% validasi media mencapai kevalidan 95 00% sedangkan validasi pengguna mencapai kevalidan 95 83%. Sedangkan uji coba produk 1 mencapai kevalidan 98 30% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba produk 2 mencapai kevalidan 98 80% dengan kriteria sangat praktis. dari segi kepraktisan mencapai 98% dengan kriteria sangat praktis. Kevalidan dan kepraktisan produk juga didukung oleh data ketuntasan hasil belajar siswa dan data penilaian karakter toleransi. Media MONPEDADO pada muatan IPS tema 7 subtema 2 dengan penguatan karakter toleransi bagi siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kota Blitar. masuk kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar baik ketika pembelajaran. MONPEDADO tersebut dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk mempelajari materi pada media MONPEDADO serta dapat menumbuhkan karakter toleransi dalam diri siswa. Saran desiminasi hendaknya media MONPEDADO (Monopoli Peta Budaya Indonesia) tema 7 subtema 2 pembelajaran 3 4 hendaknya bisa digunakan untuk lingkup pendidikan yang lebih luas. Tidak hanya diterapkan pada satu sekolah saja melainkan pada siswa dan guru kelas IV SD di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140687

Actions (login required)

View Item View Item